Teknik Presentasi Dengan Power Point
21 May 2015
Category:
Blog
Communication
Sales Views: 927
Comments: 0

Teknik Presentasi Dengan Power Point

Dalam melakukan presentasi ada banyak media yang bisa kita manfaatkan seperti lembar balik, brosur, hingga yang paling banyak dikuasai anak muda terutama mahasiswa saat ini adaah power point.

Power point yang artinya adalah kekuatan dari poin-poin atau lebih simpelnya lagi poin penting ini memang menjadi pilihan paling mudah untuk melakukan presentasi karena cara dasar menyusun power point yang mudah dipelajari dan juga kemudahan menemukan program ini. Namun demikian, didalam presentasi menggunakan power point kita tetap harus memperhatikan teknik presentasi dengan power point.

Teknik Presentasi Dengan Power Point

Teknik Presentasi Dengan Power Point, image

Ya, ternyata teknik presentasi dengan power point tidak semudah yang kita bayangkan. Dalam melakukan presentasi dengan memanfaatkan kecanggihan power point ada dua hal yang harus kita kuasai.

Yaitu yang pertama tekni pembuatan atau penyusunan slide pada power point dan yang kedua teknik menggunakanya sehingga presentasi dengan power point berjalan lancar tanpa kendala. Karena tak jarang beberapa proses presentasi harus terlambat karena adanya kekeliruan selama penyusunan slide dan selama penggunaan power point berlangsung. 2 hal yang harus kita fahami tersebut akan kita bahas bersama berikut ini.

Teknik Atau Prinsip Pembuatan Slide Power Point

Teknik presentasi dengan power point yang pertama haruslah memperhatikan dari bagaimana kita membuat slide dan menyusuan materi dalam slide demi slide power point. Sebaiknya slide yang ditampilkan haruslah bersifat visible atau mudah dilihat dan dibaca oleh audiens.

Perhatikan jarak terjauh audiens dengan tempat Anda berdiri, seberapa mampu audiens terjauh membaca dan melihat power point Anda dengan mata normal. Solusinya gunakan font huruf yang tidak terlalu rumit dan pilih ukuran font yang cukup, tidak terlalu kecil tidak pula terlalu besar.

Boleh saja menghiasai slide power point dengan warna-warna dan gambar indah, lucu dan menghibur. Tetapi tetap letakan semua itu sesuai porsinya. Jangan memberikan warna yang terlalu banyak karena akan membuat mata audiens mudah lelah. Jangan terlalu banyak gambar-gambar atau animasi jika fungsinya hanya untuk hiasan belaka karena dapat mengganggu konsentrasi dan fokus audiens terhadap materi Anda menjadi buyar.

Banyaknya materi menjadi ujian bagi kita menciptakan power point yang efektif dan menarik. Jangan terlalu banyak menggunakan slide atau lebih-lebih terlalu sedikit karena akan membuat teknik presentasi dengan power point tidak efektif. Jika Anda pernah mendengar istilah “right of three” maka itu adalah istilah yang menggambarkan sebaiknya dalam satu slide maksimal Anda hanya memasukan 3 point penting saja.

Fungsi Utama Power Point

Prinsip yang kedua ini sangat berpengaruh terhadap teknik presentasi dengan power point yang baik dan benar. Yaitu pentingnya kita memahami bahwa power point hanyalah media yang membantu memperlancar presentasi kita. power point bukanlah materi utama yang isinya harus sepenuh koran dan harus dibacakan keseluruhan. Audiens tidak membutuhkan power point yang isinya lengkap tetapi membutuhkan penjelasan yang lengkap dari poin-poin yang tertera pada power point.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>