Teknik Menangani Keluhan Pasien
24 October 2014
Category:
Blog
Communication
Service Excellence Views: 3,686
Comments: 0

Teknik Menangani Keluhan Pasien

keluhan pasien 1
Jika anda seorang dokter, anda pasti mendapati beberapa pasien dalam sehari. Anda harus mendengarkan berbagai macam keluhan dari pasien di Rumah Sakit. Dalam masa-masa awal menjadi dokter, mendengarkan keluhan pasien pasti membuat anda sedikit kaget karena mendapati karakter orang yang berbeda-beda dalam sehari dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Secara umum, agar dapat memberikan pelayanan yang baik dan mengetahui diagnosa penyakit dengan banar, anda harus mengetahui cara komunikasi yang baik. Jika anda mampu membuat pasien nyaman, anda akan mudah mendapatkan informasi yang anda butuhkan seputar penyakit yang diderita pasien. Pasien akan dengan mudah menceritakan kebiasaan makan atau gaya hidup yang dilakukan sebagai bagian dari pertanyaan anda.

Komunikasi Untuk Menangani Keluhan Pasien

Pasien selalu mengharapkan service excellent dari para dokter. Hal ini wajar karena mereka membayar dan mempunyai harapan yang tinggi terhadap dokter untuk menyembuhkan penyakit mereka.

Cara menangani keluhan pasien yang benar adalah sebagai berikut:

1. Tatap mata pasien dan dengarkan dengan baik
Tatap mata sangat penting agar pasien merasa diperhatikan selama berbicara. Anda jangan mengabaikan tatapan mata. Sebaiknya jangan mengutak atik hp saat anda mendengarkan keluhan pasien sehingga anda bisa lebih fokus mendengarkan dan pasien merasa dilayani dengan baik.

2. Beri sedikit tanggapan
Tanggapan tidak harus terlalu banyak. Cukup sesekali menjawab agar pasien dapat meneruskan menceritakan gejala penyakitnya. Jika dirasa anda sudah cukup mendapat informasi dan pasien sudah berhenti berbicara, anda bisa langsung memeriksa pasien.

3. Perlu kesabaran untuk keluhan pelayanan
Jika pasien mengeluhkan palayanan dokter yang diberikan dengan melakukan komplain, anda harus menghadapinya dengan sabar. Beritahu bahwa anda sudah melakukan pengobatan dengan baik dan sesuai dengan prosedur. Jika anda gejala lain atau penyakit lain yang diderita pasien dan pasien merasa tidak sembuh, anda bisa melakukan pemeriksaan ulang. Terkadang penyakit bisa datang lagi hanya karena kebiasaan buruk pasien.

Berikan selalu service excellent karena jika pasien nyaman, anda akan menjadi tujuan utama jika pasien merasa sakit lagi. Pasien tersebut juga akan merekomndasikan anda ke teman atau kerabat yang ingin ke dokter.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>