Teknik Jenis Latihan Sebelum Melakukan Presentasi
25 January 2017
Category:
Blog
Communication Views: 203
Comments: 0

Teknik Jenis Latihan Sebelum Melakukan Presentasi

Mengapa latihan sebelum melakukan presentasi itu sangatlah penting? Tentu saja, ANDA HARUS TAHU…!!  hal ini dikarenakan, dengan latihan sebelum presentasi ini anda bisa mengatur strategi dengan baik dan tepat bagaimana penyampaian presentasi nantinya bisa tersampaikan dengan baik dan berjalan dengan lancar. Maka dari itu pastikan sebelum melakukan presentasi anda selalu melakukan latihan. Apa Saja Teknik Jenis Latihan Sebelum Melakukan Presentasi Yang Bisa Dilakukan?

berikut ini beberapa Teknik Jenis Latihan Sebelum Melakukan Presentasi : Semakin banyak berlatih sebelum presentasi akan semakin memperkuat fisik dan mental anda dalam presentasi dengan baik. Akan ada banyak keuntungan yang anda dapatkan, diantaranya memahami betul materi presentasi dengan sangat matang.

Memperkuat Daya ingat otak dalam mengingat materi presentasi. Nah dengan begitu, bila anda sudah hafal diluar kepala tentang materi anda, maka anda bisa dengan lancar menyampaikannya, bahkan bisa dengan santai dan mudah menyampaikan materi tanpa adanya beban.

time1Setiap presentasi pasti memiliki batasan waktu. Anda harus ingat, presentasi yang baik adalah presentasi dengan penyamapaian yang pas waktu.

Bahkan akan lebih bagus bila penyampaian presentasi anda memiliki waktu kurang dari waktu yang disediakan. Dan ketepatan waktu presentasi ini tentunya membutuhkan latihan secara berkala.

Pasalnya dengan  Latihan akan dapat membuat Anda menguasai betul materi Anda. Bahkan anda juga bisa berkoreksi diri apa yang kurang atau mungkin yang berlebih. Sehingga bisa anda lengkapi hingga menjadi sempurna.

Selain menguasai materi, dalam presentasi anda juga harus menguasai cara penyampaian presentasi yang baik itu bagaimana. Mulai dari cara public speaking, jeda, suara, body languages dan cara lainnya. ANDA HARUS TAHU ITU…!!

INGAT…!! Presentasi merupakan sebuah pertunjukkan BUKAN UJIAN. Jadi anda harus paham itu, anggaplah saat di panggung anda adalah bintangnya sehingga hal ini dapat memicu motivasi anda untuk memberikan penampilan terbaik. Sebab apabila presentasi anda anggap sebagai ujian, maka tak heran anda merasakan takut saat presentasi. Ingat, rasa takut bisa membuat semuanya berantakan.

rehearsal-225x300

Ada beberapa cara teknik latihan sebelum melakukan presentasi yang bisa Anda terapkan diantaranya

Latihan presentasi di depan cermin

Cermin merupakan media visual yang sering kali digunakan orang untuk berlatih sebelum, presentasi.

Dengan latihan presentasi depan cermin kita bisa langsung mengoreksi diri, apa yang kurang atau apa yang berlebiham.

Catat apa sajakah itu, kemudian lakukan perbaikan, lakukan secara berkala sampai anda merasakan inilah penampilan terbaik anda” OKE, ini sudah perfect, AKU SIAP”

Latihan presentasi di hadapan orang lain

corporate-presentation-training-ethos3Bila anda butuh latihan yang lebih nyata dan objektif, anda bisa melakukan latihan presentasi langsung dihadapan orang lain,

mintalah bantuan orang terdekat anda, baik keluarga, teman, atau mungkin pasangan anda. Dengan latihan langsung dihadapan orang lain maka anda akan mendapatkan penilaian yang lebih objektif.

Kami sarankan pilihlah orang orang yang berpengalaman dalam bidang presentasi, sebab orang professioal inilah anda bisa mendapatkan penilaian yang benar benar tepat dan tidak asal asalan.

Pastikan anda melakukan latihan presentasi ini secara berulang-ulang sampai Anda benar-benar merasa ini adalah penampilan anda terbaik. Pastikan pula anda sudah 100% menguasai materi presentasi dan mampu menyampaikan materi tersebut secara natural. Penyampaian yang natural adalah yang paling disukai audience, karena jika berlebihan akan membuat audience menjadi bosan..

Demikianlah Teknik Jenis Latihan Sebelum Melakukan Presentasi yang bisa anda coba terapkan, karena dengan latihan lah akan membuat diri kita menjadi lebih siap dan lebih percaya diri dalam presentasi. Good Luck

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>