Survey Kepuasan Pelanggan
6 December 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 1,302
Comments: 0

Survey Kepuasan Pelanggan

Kepuasaan pelanggan menjadi tolak ukur terhadap kualitas dari produk yang dibeli. Termasuk menjadi penilaian apakah perusahaan yang memproduksi produk tersebut layak untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Jika sebuah perusahaan ingin mengetahui sebesar apakah kepuasan pelanggan terhadap produk tersebut, maka perlu dilakukan survey kepuasan pelanggan. Perusahaan wajib mengetahui apakah pelangga benar-benar puas atau tidak setelah membeli produk dari perusahaan Anda.

Survey Kepuasan Pelanggan

Survey Kepuasan Pelanggan

Tujuan Melakukan Survey Kepuasan Pelanggan

Melakukan survey kepuasan pelanggan, perusahaan akan tahu seberapa besar kualitas produk perusahaan di mata pelanggan. Sehingga perusahaan menjadi tahu bahwa produk tersebut memang mampu memuaskan pelanggan atau tidak.

Survey juga dilakukan untuk mengevaluasi kualitas produk. Meskipun nantinya dari hasil survey mengatakan produk Anda berkualitas, namun jangan cepat puas. Survey juga bagian untuk terus meningkatkan kualitas produk. Sebagai pelaku bisnis, Anda tetap harus terus meningkatkan kualitas produk hingga benar-benar sempurna untuk memuaskan pelanggan.

Selain itu, survey yang dilakukan tersebut juga dapat untuk mengetahui kekuatan pesaing di mata pelanggan Anda. Apakah pelanggan Anda termasuk yang benar-benar setia atau tidak. Semua akan diketahui lewat survey tersebut.

Cara Melakukan Survey Kepuasan Pelanggan

Secara umum ada lima cara dalam melakukan survey kepuasan pelanggan. Cara pertama adalah dengan Face to Face. Anda langsung mendatangi pelanggan yang sedang membeli produk perusahaan. Atau dapat juga dengan mendatangi rumah pelanggan Anda guna melakukan survey.

Cara kedua adalah dengan meminta sedikit waktu pelanggan untuk mengisi lembaran kuisioner yang telah Anda persiapkan. Mintalah pelanggan tersebut untuk mengisi kuisioner tersebut sebagai bentuk survey yang Anda lakukan.

Cara ketiga adalah dengan menelepon pelanggan. Customer service perusahaan menelepon pelanggan dan menanyakan tingkat kepuasaan mereka. Termasuk untuk meminta saran dan kritik terhadap produk yang mereka beli.

Cara keempat adalah dengan mengirim email secara acak ke pelanggan. Mintalah pelanggan untuk mengisi survey kepuasan pelanggan yang dikirimkan melalui email. Anda dapat memilih pelanggan secara acak.

Cara kelima adalah dengan mengumpulkan para pelanggan setia. Dalam hal ini pelanggan yang hampir setiap waktu pasti membeli produk dari perusahaan Anda. Minta sedikit waktu mereka untuk mengisi survey yang telah dipersiapkan oleh perusahaan.

Berikan Pertanyaan Dasar Untuk Survey Kepuasan Pelanggan

Hindari untuk memberikan pertanyaan yang terlalu panjang dan diulang-ulang. Biasanya pelanggan akan malas mengisi model survey kepuasan pelanggan yang seperti itu. Berikan pertanyaan dasar yang singkat dan pelanggan dapat mengisi dalam waktu cepat.

Pertanyaan dasar yang dapat diajukan seperti “Seberapa puaskah Anda terhadap produk kami?”, “Seberapa besar keinginan Anda untuk kembali membeli produk kami?”, dan yang lainnya. Pelanggan dapat memberikan jawaban dalam bentuk kalimat ataupun hanya dengan memberikan bintang. Survey tersebut sangat mudah untuk perusahaan Anda lakukan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>