Strategi Promosi
21 September 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 618
Comments: 0

Strategi Promosi

strategi promosi menuntut kesiapan dari pelakunya, termasuk proses adaptasi terhadap segala bentuk perubahan dalam konteks pasar. Jika terkendala oleh faktor biaya, maka solusinya ialah menekan biaya tertentu namun tidak mengurangi mutu produk. Tawaran terbaik ialah menggunakan internet sebagai basis promosi. Selain itu, kemampuan promosi harus terus ditingkatkan.

Bermodalkan biaya minimal, target promosi sebenarnya bisa dicapai dengan menyesuaikan pada pola pasar yang dihadapi. Program training yang mengedepankan service excellence akan membantu para pelaku bisnis yang sedang menggiatkan diri dengan praktik promosi. Strategi yang akan ditempuh pun cenderung mudah dipelajari dan dipraktikkan langsung.

strategi promosi

strategi promosi

Branding

Jika ingin produknya dikenal oleh masyarakat luas, maka konsep branding harus dikuatkan. Tidak perlu yang rumit-rumit karena justru yang sangat sederhana itulah yang digemari oleh orang. Misalnya dalam pembuatan logo, penulisan tagline, identifikasi produk, segmentasi pasar, dan sebagainya.

Melakukan proses branding juga akan sangat tergantung pada target perusahaan terkait. Contohnya jika ingin membidik pasar anak muda dua puluhan tahun, bahasa promosinya harus menggunakan gaya-gaya yang mudah dipahami oleh mereka. Menariknya, jika proses penyampaian pesan itu berhasil mengena ke segmen, maka pengaruhnya akan sangat kuat dalam budaya populer.

Hindari juga gaya branding yang terlalu mengekor kesuksesan dari pelaku bisnis lainnya. Selain risiko dianggap plagiat, faktor orisinalitas justru akan memberikan nilai lebih pada bisnis yang sedang dijalankan. Proses kreativitas menjadi kunci penting dalam kesuksesan membangun brand yang kuat dan berkarakter.

Layanan Optimal

Inilah yang dimaksud sebagai service excellence. Tidak sekadar menawarkan dan menjual produk tanpa disertai tanggung jawab. Berikanlah kepercayaan kepada calon konsumen karena mereka pasti akan memberikan timbal balik yang lebih besar.

Banyak sekali contoh dari konsep pelayanan ini yang bisa ditiru, diterapkan, atau sedikit dimodifikasi sesuai kebutuhan bisnis. Karakteristik dari service excellence ialah hal-hal detil yang justru akan membangun konsep layanan yang nyaman dan memuaskan. Contohnya adalah tersenyum ramah kepada pembeli, menjamin garansi, dan ketepatan pengiriman produk.

Komunikasi Dua Arah

Di masa lalu, transaksi bisnis cenderung berjalan dengan kaku dan searah. Sekali membeli atau menjual, setelah itu tidak ada hubungan lagi. Dalam beberapa bidang, gaya semacam itu mungkin sudah menjadi hal biasa. Namun kita sedang bicara mengenai wilayah bisnismodern yang membutuhkan jaringan yang kuat dan meluas.

Jaringan yang kuat dan meluas itu hanya bisa dicapai jika proses komunikasi antara penjual dan pembeli berlangsung secara positif. Prinsip ini juga termasuk dalam konsep service excellence di wilayah bisnis yang akan selalu menyesuaikan pada perkembangan masyarakat.

Membangun komunikasi dua arah pun telah dimudahkan dengan teknologi informasi. Oleh sebab itu, komunikasi dalam berbagai media internet pun menjadi bagian penting dari strategi promosi.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>