Strategi Promosi Melalui Sosial Media
24 December 2016
Category:
Blog
Sales Views: 254
Comments: 0

Strategi Promosi Melalui Sosial Media

Dengan banyaknya penjual dan pembeli yang melakukan transaksi secara online, tentu akan mempengaruhi para calon penjual harus pintar dalam mengatur strategi agar tokonya bisa di lirik dan banyak diminati oleh para calon pembeli.

Ibarat mencari jodoh, membuka lapak juga butuh trik – trik khusus yang ampuh agar bisa memikat para pembeli. Maka dari itu bagi penjual online sangatlah penting untuk mengatur berbagai macam strategi promosi jualan dengan tepat karena strategi promosi ini bertujuan untuk menarik banyak calon pembeli. Salah satu trik strategi promosi untuk toko online yang dianggap mujarab yakni promosi melalui social media.

Hal ini dikarenakan hampir semua pengguna internet memiliki akun social media bahkan mereka juga hampir setiap hari aktif dalam dunia maya ini. Oleh karena itu anda bisa memanfaatkan social media untuk melancarkan kegiatan promosi toko online anda, berikut ada 10 strategi promosi melalui social media, antara lain ;

1. Upload foto produk Terbaik

how-to-make-flyers-1Pada dasarnya berjualan online sama dengan berjualan secara tidak nyata yang mana pembeli tidak dapat secara langsung melihat atau memegang produk secara nyata produk yang dijual,

Melainkan mereka hanya dapat melihat produk berupa foto atau gambar, maka dari itu unggahlah foto produk  yang  paling terbaik  agar pembeli bisa tertarik ketika mengunjungi toko online anda

2. Jangan banyak mengedit atau memanipulasi foto produk yang akan diunggah

Usahakan foto produk yang akan diunggah tidak banyak di edit atau dimanipulasi sehingga membuat foto tersebut menjadi terlihat palsu, upayakan foto produk tersebut sesuai dengan aslinya agar pembeli bisa tertarik untuk membeli produk yang anda jual, apalagi jika berpromosi malalui social media instagram yang mengunggulkan kualitas foto yang diunggah.

3. Jangan segan -  segan untuk men-follow calon pembeli

follow-meAda kalaanya juga penjual untuk menjemput sendiri calon pembelinya, termasuk men-follow langsung calon pembeli sebanyak – banyaknya,

Disisi lain mereka yang kitaa follow akan penasaran dan mencari tahu siapa pemilik akun tersebut yang men-follow akun mereka.

4. Gunakan nama akun yang mudah diingat

5. Upload proses pengerjaan pembuatan produk yang anda jual, bisa menunjukkan foto cara pembuatan produk, proses packing hingga proses pengiriman.

6. Berikan informasi mengenai manfaat dan cara pakai dari produk yang ditawarkan
, sertakan pula referensisingkat tentang fakta akan manfaat produk yang ditawarkan.

7. Tunjukkan foto toko offline dengan begitu maka pelanggan akan tahu bagaimana bentuk toko offline kita. Tak perlu gambar keseluruhan, bisa dengan memberikan peta alamat toko anda, bagian depan toko anda bahkan kegiatan kerja ditoko anda.

8. Tunjukkan pula proses pembuatan iklan anda. Share kepada follower atau pelanggan anda.

9. Tunjukkan foto event Ketika kita sedang atau ingin diadakan event yang berkaitan dengan bisnis yang sedang dikelola ke pada para pelanggan.

10. Upload sedikit hiburan yang menarik seperti dengan mengunggah video atau gambar lucu dan sebagainya.

Adapun cara yang dilakukan terhadap toko online untuk menarik banyak calon customer yaitu

1. Produk Harus Unik

Keunikan pada produk yang dijual tentu akan memancing penasaran pembeli terhadap toko online anda.

Kata Unik, berarti dimana konsep yang kita maksud belum ada bahkan tidak ada orang lain yang menggunakan atau menirunya.Kalau pun ada yang sama namun tetap kita yang harus mengunggulinya.

2. Fokus untuk Satu Produk

focus

Sebaiknya untuk toko online yang terbilang baru, tawarkan 1 jenis produk dulu, dan focus dalam memaksimalkan produk tersebut

untuk dikembangkan, ciptakan image positif penjual dalam mempengaruhi pembeli seperti menguasai dengan rinci spesifikasi dan keunggulan produk yang dijual sehingga pembeli akan lebih mudah percaya untuk membeli produk pada toko online anda.

3. Desain tampilan toko semenarik mungkin untuk memikat pelanggan

Selain membuat produk yang unik dan menarik, ada baiknya tampilan toko juga dikemas dengan baik agar terlihat menarik mulai dari tampilan foto, deskripsi produk, ketersediaan stok produk sertaharga yang bersaing hingga judul yang menarik yang bisa mengundang calon pembeli mengunjungi toko anda.

4. Pelayanan Inovatif

pelayanan-yang-ramahSatu keunggulan sebagai bahan pertimbangan para calon penjual adalah layanan yang inovatif dalam memanjakan pembeli ketika mengunjungi toko anda misalnya,

penjual memberikan penawaran bebas ongkos kirim, memberikan garansi untuk produknya, mengirim langsung produk kepada pembeli.

Karena dengan memberikan layanan inovatif kepada pembeli dapat membuat jualan online anda akan cepat maju dan sukses.

5. Permainan harga yang kompetitif

strategi khusus yang sering dimainkan oleh penjual adalah soal harga dimana penjual bisa menjual produk dengan harga yang lebih mahal, bahkan harga dibawah harga pasaran. Tapi permainan harga yang kompetif ini tidak sedikitpun mengurangi kualitas produk tersebut.

Semoga artikel tentang strategi promosi melalui media sosial ini bermanfaat. Selamat mencoba dan sukses selalu.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>