Strategi Pertajam marketing
22 August 2016
Category:
Blog
Sales Views: 308
Comments: 0

Strategi Pertajam marketing

Marketing merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan produk dengan tujuan untuk mencapai target penjualan yang tinggi. Tapi banyak orang awam yang masih salah tangkap dengan makna marketing. Hal ini dibuktikkan masih banyak orang yang menganggap bahwa marketing adalah seperti sales yang menawarkan produk kerumah rumah (door to door) dengan penampilan yang menarik dan sexi untuk menarik calon pembeli. Namun hal ini salah.

Pasalnya marketing tidak hanya mementingkan penjualan saja tapi juga mementingkan sebuah komunikasi dan perkenalan. Maka dari itu marketing yang jitu dan tajam sangat penting dalam meningkatkan pemasaran sesuai target dan membuat sebuah usaha menjadi berkembang dan maju.

Setiap usaha tentunya memiliki strategi marketing yang berbeda beda. Tapi yang terpenting, anda harus menciptakan strategi marketing jitu dengan konsep yang unik. Maka dari itu strategi marketing sangatlah penting untuk dipelajari.

Nah berikut ini ada beberapa cara strategi pertajam marketing agar tepat sasaran dan berhasil ;

Menjadi mata mata yang baik dan tajam dengan melakukan survey pasar

sejarah-detektif-swasta-dari-legenda-inggris-sampai-fiksi-asia

Sebagai seorang marketing, anda harus memiliki sikap yang tajam terutama sebagai mata mata yang baik dan tajam. Mengapa demikian?

Karena seorang pelaku marketing harus mampu mengetahui kondisi dan kebutuhan pasar. Ingat kebutuhan pasar akan mampu menuntun marketing anda menjadi sukses.

Maka dari itu anda harus peka dan tajam terhadap segala sesuatu yang terjadi. Nah untuk mendapatkan informasi mengenai apa saja kebutuhan pasar maka anda harus melakuka  survey pasar secara langsung. Setelah anda memata matai, anda harus mampu menerapkannya. Karena percuma jika anda hanya memata matai tapi tidak segera dilakukan.

Ingat pembeli adalah raja

Crown-King

Ingat slogan ini kan “pembeli adalah raja”, tapi jangan salah artikan yaa… maksud dari slogan ini adalah anda harus melayani kebutuhan pembeli dengan sebaik mungkin.

Pastikan anda juga tidak membeda bedakan pembeli hanya karena mereka berbeda dengan yang kita harapkan. Ingat kepuasan pelanggan mampu menentukan kesuksesan sebuah usaha.

Karena bukan tidak mungkin jika pelanggan atau pembeli puas, mereka pun akan senantiasa kembali ke tempat anda. Dan hal inilah yang akan memberikan banyak keuntungan untuk usaha anda.

Apalagi jika pelanggan tersebut benar benar puas, mereka tentunya tidak segan segan untuk memberitahu kepada teman atau keluarga mereka untuk datang ke tempat anda. Namun sebaliknya jika anda tidak ramah dengan pembeli, maka citra perusahaan anda akan jelek. Bahkan pelanggan yang kecewa kemudian akan menyampaikan kekecewaannya kepada khalayak, anda pun menjadi kehilangan banyak pelanggan dan  masalah ini akan berdampak buruk pada usaha anda.

Mempertajam intuisi

Seorang pelaku marketing harus memiliki ketajaman intuisi. Pasalnya intuisi yang tajam akan mampu membuat pelaku marketing tahu bagaimana cara berbuat dan menjalankan sebuab program agar sukses sehingga mampu memuaskan para kliennya.

Lakukan survey kompetitor

kompetitor-bisnis-e1436758376725

Selain melakukan survey pasar, anda juga harus melakukan survei kompetitor, cara ini juga merupakan strategi pertajam marketing yang ampuh. Mengingat sekarang ini sudah semakin banyak kompetitor sehingga membuat persaingan semakin ketat.

Tujuan survei kompetitor ini adalah untuk melihat apa kelebihan mereka. Dan kita harus membuat nya lebih dari mereka tapi hal ini bukan berarti kita menjadi plagiat dan berlaku picik. Kita tetap melakukan cara sehat. Dengan survey ini, maka kita akan mampu menciptakan keunikan dan tampil berbeda dari pesaing.

Lakukan evaluasi

Evaluasi-Bisnis

Jangan lupa setelah anda melakukan segala hal, pastikan anda melakukan evaluasi. Anda bisa melakukan evaluasi dengan tim anda baik mengenai kinerja atau tentang produk.

Cara evaluasi ini mampu membantu meningkatkan kualitas pelayanan dan produk anda. Karena evaluasi akan membantu anda menganalisa kesalahanyang terjadi, dengan begitu anda bisa segera memperbaiki kesalahan tersebut.

Itulah 5 strategi pertajam marketing. Semoga bisa bermanfaat untuk anda semua terutama bagi yang sedang menjalankan usaha.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>