Strategi Pemasaran
19 October 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 571
Comments: 0

Strategi Pemasaran

strategi pemasaran semacam apakah yang harus diterapkan oleh sebuah perusahaan? Dalam konteks masyarakat modern yang berlangsung dewasa ini, kaitannya tentu sangat erat dalam bidang teknologi informasi. Meski sudah memiliki fasilitas dan sarana yang memadai pun belum tentu akan menjamin kesuksesan praktik pemasaran. Jadi, apa yang semestinya dijadikan landasan praktiknya?

strategi pemasaran

strategi pemasaran

Strategi Promosi dan Pemasaran

Sejauh mana sebuah perusahaan mampu meningkatkan target promosi dan penjualan? Dalam kaitannya dengan target profit, sebuah perusahaan wajib memprioritaskan pada efisiensi kerja, baik dalam kaitannya dengan pasar atau mekanismenya secara internal. Dua prioritas tersebut akan menjadi landasan-landasan ideal dalam upaya membangun strategi pemasaran yang sempurna.

Kualitas Internal

Semuanya diawali dari kapasitas perusahaan sebagai bagian dari pasar yang tengah berlangsung. Konsekuensinya adalah peningkatan SDM atau segenap elemen yang terlibat dalam mekanisme perusahaan. Untuk mencapainya bisa dengan menjalankan serangkaian program pelatihan bisnis dengan skema utama service excellence. Maksudnya ialah peningkatan kualitas untuk praktik nyata.

Jadi, masing-masing elemen dalam perusahaan memiliki target-target pribadi yang bertujuan membangun kualitas pelayanan bisnis yang ideal. Tujuannya sangat jelas yaitu untuk mencapai profit secara intensif dan bahkan mengalami peningkatan secara sistematis. Target semacam itu memang harus dijalankan secara bertahap dan terkadang sangat sulit untuk diterapkan.

Interaksi Pasar

Landasan berikutnya adalah interaksi pasar. Hubungannya dengan peningkatan kualitas internal atau pengembangan SDM. Jika sumber daya dalam sebuah perusahaan sudah sangat siap, dijamin tidak akan ada kesulitan untuk meraih sejumlah target di luar sana. Apalagi jika sudah mampu menerapkan prinsip sevice excellence dalam kerangka bisnis modern.

Membangun interaksi pasar tidak hanya dengan membuka jalur komunikasi konvensional. Dari titik inilah kita langsung menautkan para aspek teknologi informasi yang relevan. Persiapkanlah skema pemasaran yang ideal, supaya nantinya bisa langsung menerapkan strategi yang sesuai. Bukan hanya dengan meniru dan menerapkannya tanpa pertimbangan-pertimbangan rasional.

Efisiensi Waktu

Waktu adalah ancaman bagi setiap perusahaan yang mengejar target-targetnya. Sekali ketinggalan dalam memanfaatkan waktu, konsekuensinya adalah kerugian. Bahkan, kerugian sekecil apa pun akan berimbas pada akumulasi profit di masa mendatang. Oleh karena itu, strategi pemasaran seharusnya mempertimbangkan aspek waktu dengan cara memaksimalkan kinerja perusahaan.

Untungnya, hal itu sudah bisa dipraktikkan melalui pemanfaatan fasilitas teknologi dan informasi yang berkembang dewasa ini. Tidak sulit untuk mencapai target jika telah mampu memetakan skema pemasaran, sekaligus menyiasatinya dengan strategi terbaik. Bahkan, praktiknya akan lebih mudah dilakukan jika sudah memahami tujuan dan metode yang telah dipersiapkan.

Belajar dari berbagai pengalaman perusahaan yang sudah sukses dan semakin berkembang, strategi pemasaran harus dijalankan berdasarkan relevansi modal, SMD, dan aspek-aspek lainnya. Kesimpulannya, semuanya akan tergantung pada kebutuhan dan praktiknya di lapangan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>