Standar pelayanan prima terhadap pelanggan
1 September 2016
Category:
Blog
Service Excellence Views: 5,447
Comments: 0

Standar pelayanan prima terhadap pelanggan

Pelayanan prima adalah sistem pelayanan yang terbaik pada manajemen modern pada saat ini, standar pelayanan prima adalah standar dalam melayani kebutuhan dari pelanggan atau orang lain, melayani pada dasarnya adalah aktivitas yang bersifat tidak berwujud yang ditawarkan kepada pelanggan konsumen yang dilayani.

Sederhananya pelayanan prima adalah pelayanan yang dapat memenuhi dan sesuai dengan kepuasan pelanggan, sehingga dalam pelayanan prima ada dua elemen penting yang bisa memuaskan pelanggan yaitu, pelayanan dan kualitas.

Ada beberapa karakteristik dari pelayanan prima :

1. Pelayanan yang baik dan ramah

2. Sikap yang sopan dan penuh rasa hormat

3. Percaya diri atau tampi dengan yakin

4. Kesan yang diberikan kepada pelanggan adalah kesan yang ceria

5. Penampilan yang rapih dan juga bersih

6. Bisa menyenangkan pelanggan atau orang lain

Karakteristik dari pelayanan prima ini bisa Anda terapkan, yang bertujuan agar para pelanggan yang datang kepada Anda merasa nyaman. Ada tiga hal utama yang perlu dilakukan pada pelayanan prima yaitu, peduli terhadap pelanggan, melayani dengan tindakan yang baik, dan memuaskan pelanggan pada standar layanan tertentu.

Dari karekteristik pelayanan prima diatas, ada beberapa standar yang perlu Anda terapkan agar pelayanan prima berjalan dengan baik dan benar, berikut standar pelayanan prima :

1. Kemampuan

5-tips-meminimalisir-kesalahan-dalam-bekerja-mengasah-kemampuanKemampuan Anda pada bidang tertentu atau kemampuan Anda pada bidang yang Anda tekuni sangat menunjang untuk program pelayanan prima ini.

Seperti : komunikasi yang baik dan benar, mengembangkan motivasi, dan bisa menjalin atau membina hubungan kedalam dan keluar organisasi atau perusahaan.

2. Sikap

Sikap adalah hal yang paling diperhatikan oleh pelanggan, dengan sikap yang baik maka pelanggan akan merasa nyaman ketika sedang Anda layani.

3. Penampilan

jobhuntingcenter-wawancara-kerja-penampilan-profesionalSecara keseluruhan penampilan adalah hal pertama yang dilihat oleh para pelanggan, karena penampilan secara fisik atau pun non fisik pelanggan akan senang dan nyaman dilayani.

Dan juga dengan penampilan yang baik bisa merefleksikan kredibilitas Anda kepada pelanggan.

 

4. Perhatian

Pelanggan adalah raja, maka pelanggan perlu diperhatiakan. Kepedulian Anda terhadap pelanggan sangat diperlukan karena setiap pelanggan memiliki latar belakang yang berbeda-beda, sehingga Anda perlu memberi perhatian kepada pelanggan Anda, mulai dari kebutuhan dan keinginan pelanggan, dan juga memahami saran dan kritik dari pelanggan.

5. Tindakan

Pada pelayanan tindakan sangat perlu dilakukan, dengan tujuan memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Tindakan adalah kegiatan yang nyata, yang bisa Anda lakukan kepada pelanggan Anda agar mereka bisa mersakan kepedulian Anda terhadap apa yang sedang menjadi masalah atau kebutuhan mereka.

6. Tanggung jawab

Ketidak puasan pelanggan sangat sering dihadapi oleh setiap Anda yang sedang melakukan usaha penjualan, maka untuk bisa meminimalisir ketidakpuasan pelanggan ini Anda harus bersikap berpihak kepada pelanggan. Karena dengan sikap berpihak kepada pelanggan adalah bentuk dari kepedulian Anda atas keluhan dan juga kritik dari pelanggan.

Itulah beberapa ulasan mengenai standar pelayanan prima, semoga ulasan diatas dapat membantu Anda dan menambah referensi Anda dalam meningkatkan standar pelayanan prima terhadap penjualan dan juga pelanggan. Keberhasilan dari pelayanan prima ini adalah tergantung bagaimana kemampuan, sikap, penampilan, perhatian, tindakan, dan juga tanggung jawab dalam pelaksanaan pelayanan prima tersebut.

Dengan memperhatikan menjual sampai dengan perlakuan terhadap konsumen, dengan tujuan bisa memuaskan para pelanggan, meningkatkan penjualan dan memasarkan produk atau barang Anda ke setiap kalangan konsumen.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>