Sikap Melayani Pelanggan
4 August 2016
Category:
Blog
Service Excellence Views: 628
Comments: 0

Sikap Melayani Pelanggan

Sikap Melayani Pelanggan- Siapapun yang telah berkecimpung di dalam dunia bisnis, haruslah memiliki paradigram yang benar mengenai seluk beluk bisnis yang dijalani dan tak ketinggalan pula dengan segala hal yang berhubungan dengan pelanggan. Pelanggan memiliki arti yang sangat penting untuk kemajuan sebuah bisnis. Oleh karena itulah kita harus fokus terhadap segala cara agar memberikan kepuasan kepada para pelanggan. Lalu, bagaimanakah sikap yang baik dalam melayani pelanggan? Berikut ini kami akan memberikan beberapa Sikap Melayani Pelanggan yang baik untuk bisnis anda.

1. Meningkatkan Komunikasi dengan Pelanggan adalah Hal yang Penting

CSKomunikasi adalah kunci penting untuk mendapatkan ke kepahaman dengan pelanggan dan terlebih lagi komunikasi yang tepat akan membuat pelanggan seakan setuju dengan segala hal yang kita sarankan.

Oleh karena itu, jika mungkin anda menemui hambatan dalam berkomunikasi dengan pelanggan, maka segeralah temukan apa hambatan tersebut dan sebisa mungkin selesaikan dengan baik.

Jangan lupa untuk melatih diri anda dengan menggunakan kalimat yang benar dan tepat serta berlatih untuk mengucapkannya secara alami namun tetap menarik hati.

2. Mencuri Hati Pelanggan

Sikap Melayani Pelanggan yang baik kedua adalah dengan bersikap manis untuk mencuri hati pelanggan. Anda harus membuat kesan pertama yang positif. Pelajarilah caranya, mulai dari bagaimana cara menyapa, cara memuji, mengucapkan salam dan lain sebagainya. Selain dari hal komunikasi, tampilan fisik pun harus dibuat secara menarik dan tepat. Misalnya saja seperti tata busana, tata rias, gesture dan masih banyak lagi.

3. Jangan Lupa Menanyakan Keinginan dan Kebutuhan Pelanggan

opcao-2Selain menanyakan hal hal mendasar kepada pelanggan, tak ada salahnya pula untuk menanyakan hal lain namun masih tetap dalam batasan yang normal seperti misalnya apa pekerjaan, harapan, cita-cita dan keinginan mereka.

Catat dan ingatlah hal ini diam diam, saat kemudian pelanggan datang di lain waktu, anda dapat menanyakan perkembangannya. Kebanyakan pelanggan akan merasa surprise dengan kepedulian serta perhatian dalam bentuk seperti ini.

 

4. Etika Menerima dan Menelepon Keluar

tips-dan-etika-menerima-dan-menelponJika anda bekerja untuk bisnis sebuah perusahaan, cara anda menelpon atau menerima panggilan telepon akan menunjukkan citra diri anda dan membawa citra perusahaan pula.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika anda mencoba belajar mengenai tata cara telepon ini seperti salam, perkenalan, menanyakan orang yang hendak dituju, secara ringkas menjelaskan mengenai tujuan menelpon, mentransfer telepon, bercakap cakap di telepon hingga bagaimana cara menutup telepon agar tetap memberikan kesan yang baik.

Meskipun menerima telepon mungkin terlihat mudah, namun sebenarnya tidak semudah itu dan tentu saja tata cara menerima dan melakukan panggilan telepon di perusahaan berbeda dengan saat kita di rumah.

5. Memelihara Hubungan dan Mengatasai Keluhan Pelanggan

Selain dengan melakukan komunikasi dengan tatap muka, anda dapat menjaga hubungan baik dengan pelanggan dengan berbagai cara lainnya sebagai bentuk sikap melayani pelanggan yang baik. Caranya adalah dengan menggunakan sms, kartu ucapan atau mungkin dengan menggunakan social media. Dengan arti kata lain, jangan meniru peribahasa habis manis sepah dibuang. Selain itu, jangan lupa untuk belajar menangani keluhan atau complain dari pelanggan. Complain atau pelanggan pasti adalah sesuatu hal yang akan kita temui jika berhadapan dengan para pelanggan. Dengan memiliki cara yang tepat untuk mengatasinya, maka kita dapat mengembalikan citra yang baik dari perusahaan atau bisnis milik kita atau dimana kita bekerja.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>