Service Excellent
2 December 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 573
Comments: 0

Service Excellent

Service excellent atau pelayanan prima merupakan bentuk pelayanan yang diberikan seseorang terhadap orang di hadapannya dengan sebaik mungkin. Pelayanan tersebut dilakukan oleh mereka yang bekerja berhadapan langsung dengan konsumen. Dengan mengikuti standar aturan yang berlaku, bentuk pelayanan yang diberikan dapat memenuhi standar kualitas pelayanan.

Standar kualitas yang dimaksud meliputi standar kualitas kepuasan konsumen, kualitas dalam mempertahankan pelayanan prima, serta kualitas lingkungan, dalam hal ini tempat kerja, yang juga harus sesuai dengan standar sehingga dapat menunjang pelayanan prima itu sendiri.

Service Excellent

Service Excellent

Dimensi Service Excellent

Service excellent akan berjalan dengan baik ketika setiap dimensi yang menunjang dari pelayanan prima tersebut juga terpenuhi. Seorang profesor dari Teknik Sistem dan Manajemen Industri bernama Vincent Gespersz mengemukakan ada tujuh dimensi dalam pelayanan prima yang harus diperhatikan.

Yaitu, dimensi kecepatan dalam memberikan pelayanan. Dimensi ketepatan dalam memberikan pelayanan. Dimensi keramah-tamahan pelaku bisnis atau customer service yang melayani konsumennya. Dimensi tanggung jawab terhadap adanya komplain dari konsumen. Dimensi keseimbangan antara produk dan jasa bisnis yang dijalankan.

Dimensi kualitas informasi yang sejelas-jelasnya harus diterima oleh konsumen. Dan dimensi kualitas fasilitas yang akan diterima konsumen. Ketujuh dimensi tersebut harus dimiliki dan diperhatikan secara seksama oleh pelaku bisnis ketika ingin memperoleh konsumen yang lebih banyak.

Tiga Jenis Service Excellent

Ada tiga jenis service excellent dan masing-masingnya menyesuaikan jenis bisnis yang dijalankan. Untuk jenis Core Service yaitu, pelayanan prima yang ditujukan perusahaan dalam mempromosikan produk bisnis kepada konsumen.

Facilitating Service yaitu, pelayanan prima pelaku bisnis dalam memberikan pelayanan ekstra kepada konsumen.

Supporting Service yaitu, pelayanan prima guna peningkatan kualitas dalam memberikan pelayanan kepada konsumen secara berbeda. Dengan tujuan memberikan pelayanan prima yang lebih baik dibanding pesaing bisnis lain. Ketiga jenis pelayanan prima tersebut sama-sama harus memiliki satu bentuk pelayanan bagi konsumen yaitu, pelayanan terbaik.

Keuntungan Service Excellent

Sebuah bisnis yang memperhatikan service excellent, maka ada keuntungan yang diterima, baik bagi konsumen maupun bagi para pekerjanya. Keuntungan tersebut secara tidak langsung berimbas pula pada keuntungan bisnis. Konsumen merasa beruntung karena puas dengan pelayanan prima yang diberikan.

Sehingga konsumen akan datang kembali karena merasa terpuaskan, konsumen merasa dihargai sebagai pembeli, serta pelaku bisnis yang juga harus selalu mengedepankan pelayanan prima. Sebab ketika para pekerja juga diberikan pelayanan prima, otomatis akan berpengaruh pula terhadap pelayanan para pekerja kepada konsumen.

Alhasil, suatu ketika konsumen akan kembali lagi dan berdampak pada promosi reputasi bisnis dari perusahaan tertentu yang baik. Tentu saja promosi dilakukan pihak konsumen sendiri kepada sesama konsumen lainnya. Biasanya konsumen menjelaskan bahwa perusahaan tersebut selalu memberikan service excellent kepada konsumennya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>