Service Excellence Training
18 December 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 521
Comments: 0

Service Excellence Training

Hampir semua orang yang berhubungan dengan perusahaan, organisasi, dan lembaga menginginkan adanya kepuasandalam layanan. Layanan yang memuaskan akan menjadi indikator bahwa pelanggan (konsumen/nasabah) merasa harapannya terpenuhi sebagai pelanggan.

Dengan demikian maka memberikan layanan yang berkualitas atau layanan yang prima (service excellence) merupakan kewajiban bagi perusahaan kepada pelanggannya. Layanan yang berkualitas di satu sisi akan memberikan kepuasan pada pelanggan dan di sisi yang lain akan memberikan keuntungan (finansial, reputasi, dan kinerja) pada perusahaan.

Dua hal inilah yang tak bisa dilupakan oleh perusahaan agar eksistensinya bisa dipertahankan dan berkembang dengan baik. Salah satu upaya yang bisa dilakukan perusahaan untuk mempertahankan layanan yang prima adalah dengan mengadakan atau mengikuti pelatihan.

Service Excellence Training

Service Excellence Training

Pelatihan Layanan Prima

Pelatihan layanan prima atau service excellence training merupakan bentuk tempaan dalam suasana dan kondisi dimana individu-individu (pimpinan dan karwayan) diberikan latihan bagaimana melayani pelanggan dengan baik.

Pelatihan bisa dilakukan di perusahaan sendiri dengan menggunakan tenaga ahli dari perusahaan dimaksud atau bisa dilakukan di tempat lain yang umumnya fokus pada kegiatan pelatihan guna meningkatkan kemampuan melayani pelanggan dengan baik.

Service excellence training bertujuan untuk meningkatkan sekaligus mempertahankan kepuasan pelanggan melalui pelayanan yang terbaik. Dalam pelatihan peserta akan dibekali dengan pengetahuan dan kemampuan memahami arti pelayanan yang sesungguhnya.

Selain itu juga bagaimana mengembangkan sikap terbaik dalam kaitannya dengan pelayanan, mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, memahami kesulitan pelanggan, memecahkan masalah pelanggan, dan mampu memberikan layanan terbaik pada pelanggan.

Dalam service excellence training terdapat beberapa metode yang diterapkan agar kegiatan pelatihan menarik, berkesan, dan tak membosankan. Peserta akan diberikan materi dengan metode pemaparan (ceramah), dialog dan tanya jawab, diskusi, presentasi kelompok, pembahasan studi kasus, permainan, dan lain sebagainya.

Materi Pelatihan Layanan Prima

Kegiatan service excellence training tiap peserta akan dibekali pengetahun dan keterampilan pelayanan yang baik dengan materi-materi yang berbobot dan berhubungan erat dengan orientasi pelayanan dari fasilitator ahli (trainer).

Materi-materi tersebut biasanya mencakup basic atau dasar-dasar pelayanan prima, etika pelayanan pelanggan, model pelayanan prima, keterampilan dasar pelayanan prima, pelaksanaan pelayanan prima, pengembangan pelayanan prima, dan praktek pelayanan prima.

Semua materi tersebut akan dikemas dalam bentuk training yang menyenangkan dan menarik bagi peserta. Nah, dengan adanya pelatihan atau service excellence training tersebut diharapkan peserta mampu menerapkan dan bekerja secara positif dalam memberikan pelayanan prima pada pelanggan.

Budaya pelayanan yang mengakar, karakter karyawan yang berorientasi pada pelayanan, dan lingkungan perusahaan yang positif akan terbentuk kuat dengan kegiatan pelatihan tersebut. Pelatihan atau service excellence training akan menjadi media guna mewujudkan kepuasan pelanggan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>