Mengapa Service Excellence Di Kampus Diperlukan ?
9 March 2017
Category:
Blog
Service Excellence Views: 465
Comments: 0

Mengapa Service Excellence Di Kampus Diperlukan ?

Siapa bilang service excellence hanya diterapkan untuk suatu usaha. Pasalnya service excellence sangatlah penting diterapkan bagi suatu kegiatan apapun, termasuk dalam bidang pendidikan. Dengan adanya service excellence maka akan sangat menguntungkan bagi semua orang tak hanya yang berperan sebagai pemimpin tapi juga mereka yang berperan sebagai pelanggan. Salah satu aspek service excellence yang akan kita bahas kali ini adalah service excellence di kampus.

Kampus merupakan suatu tempat pendidikan yang khusus menerima jenjang pendidikan setelah lulus SMA yakni D1, D3, S1, S2 dan master. Service excellence di kampus sejatinya sangat diperlukan dalam mensejahterahkan seluruh masyarakat di sekitar kampus, sehingga pengetahuan service excellence di kampus harus diterapkan pada semua masyarakat di universitas ataupun di fakultas, baik internal masyarakat internal seperti mahasiswa, dosen, dan karyawan maupun masyarakat eksternal.

pWeZhIhmSwQvTUINPYaZDengan menerapkan service excellence di kampus atau universitas nantinya akan bersinergi attitude para mahasiswa dan dosennya. Dengan begitu, nantinya akan menjadi kesatuan yang baik bagi stake holder universitas.

Service excellence yang dilakukan oleh kampus juga akan berdampak positif pada kepuasan mahasiswanya. Ibaratnya kampus juga merupakan sebuah usaha yakni usaha pendidikan, sehingga bila di kampus memiliki service excellence yang baik maka bukan tidak mungkin kampus tersebut akan menjadi kampus favorit.

Namun dalam menerapkan service excellence di kampus ada satu hal yang menjadi kendala yaitu merubah mindset para SDM (sumber daya manusia) nya, dimana tidak semua masyarakat di kampus akan melaksanakan pelayanan dengan baik.

Adapun kesulitan dalam merubah mindset misalnya, dimana dari yang menerapkan sistem biasa saja mulai bergantur menerapkan sistem pelayanan yang sistematis. Memang Di awal penerapan, masih banyak yang belum mempunyai visi ke depan, tapi yang harus anda ketahui penerapan service excellence di kampus ini akan berdampak positif ke depannya dan bermanfaat baik kepada semua masyarakat di kampus.

Tapi tak perlu khawatir, kendala tersebut bisa di atasi, dengan cara pelan pelan kita memberikan pemahaman kepada orang-orang di kanpus dan menuntunnya untuk melaksanakannya. Ibarat kata, kita memberikan training service excellence dan secara perlahan nantinya mereka akan paham dan tahu apa manfaatnya.

21newb_1Seiring berjalannya waktu, orang orang akan mulai terbiasa. Dimana semua pihak kampus yang terlibat bisa menjiwai pekerjaannya dengan sangat baik.

Tapi dalam memberikan training service excellence di kampus, tidak hanya teori saja, tapi juga contoh perlakuan yang di berikan oleh pemimpin.

Adapun service excellence di kampus yang pertama kali diterapkan adalah ke disiplinan dan ketertiban. Misalnya, kedisplinan waktu tiba di kampus adalah pukul 08.00 WIB. Maka sebagai pimpinan harus mencontohkan kehadiran sebelum jam 8, yakni pada pukul 07.30 WIB. Setelah itu perlahan diberi pemahaman, dan diterapakn kepada mahasiswa.

Selain itu masih ada beberapa hal terkait service excellence di kampus yang harus diterapkan yakni :

  • Sopan dan santun terhadap yang lebih tua
  • Sikap saling menghargai, empati dan simpati
  • Sikap bertanggung jawab dan jujur
  • Kerapian dan kerajinan
  • Penampilan yang rapi dan menarik
  • Pribadi dengan akhlak yang baik berdasarkan agama
  • Ramah tamah kepada setiap orang, salah satunya dengan menyebarkan senyuman dan semangat enerjik.

Dengan adanya penerapan service excellence di kampus akan memberikan dampak positif bagi sejuta orang dan mampu memajukan kampus. Dengan service excellence yang baik di kampus maka akan membuat proses belajar mengajar antara dosen dan mahasiswa menjadi lebih nyaman dan berjalan lancar.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>