Service Excellence Di Hotel Cara Terbaik Meningkatkan Kepuasan Tamu
27 February 2017
Category:
Blog
Service Excellence Views: 260
Comments: 0

Service Excellence Di Hotel Cara Terbaik Meningkatkan Kepuasan Tamu

Hotel adalah sebuah tempat tinggal (alias penginapan) khusus yang disediakan bagi semua orang yang sedang berada di luar daerah seperti saat perjalanan bisnis atau saat berwisata atau berlibur bersama keluarga. Terkait akan hal tersebut sehingga hotel menjadi salah satu usaha yang menjanjikan saat ini. Maka dari itu tak heran bila kini telah banyak orang tertarik berbisnis hotel sehingga membuat persaingan usaha bisnis hotel menjadi semakin ketat.

Meskipun telah banyak namun tentunya masing masing hotel memiliki perbedaan salah satunya pada fasilitas dan service excellence di hotel yang berbeda. Tapi anda harus tahu…!!! Khususnya bagi para pengusaha bisnis hotel yang paling penting dalam meningkatkan kepuasan para tamu hotel adalah service excellence.

Mengapa demikian ? hal ini dikarenakan kepuasan seorang pelanggan atau tamu hotel mampu meningkatkan reputasi baik dan  membuat hotel semakin dikenal. Pemberian service excellence di hotel yang baik juga merupakan bentuk dari promosi hotel yang paling ampuh khususnya dalam memperkenalkan diri kepada publik.

Guest-Service-Excellence-Female-Resized-325x294Service Excellence di hotel adalah bentuk pelayanan yang baik kepada tamu hotel guna mendapatkan kepuasaan saat mereka menggunakan jasa hotel. Adapun Jasa yang baik yang diberikan oleh pihak hotel akan memberikan nilai yang lebih tak hanya bagi hotel tapi juga berdampak positif bagi para tamu.

Pada dasarnya Service Excellence di hotel diberikan untuk semua orang yang datang ke hotel tersebut tanpa membeda bedakan siapa orang tersebut baik tamu ataupun calon tamu bahkan pemberian service excellence di hotel dilakukan oleh semua pihak hotel mulai dari pemilik, manajemen, karyawan, satpam dan office boy.

Ilustrasi Service Excellence Di Hotel Cara Terbaik Meningkatkan Kepuasan Tamu

Memberikan senyuman yang manis kepada setiap tamu yang datang dapat memberikan energi positif kepada tamu dimana dengan memberikan sambutan dengan Senyuman manis kepada para tamu, akan dapat membuat tamu menjadi merasa dihargai sehingga mereka akan senantiasa melanjutkan tujuannya datang ke hotel.

Maka dari itu service excellence di hotel ini harus selalu diutamakan. Pihak hotel bisa menyiapkan beberapa karyawan di depan pintu masuk untuk menyambut para tamu yang datang. Selain senyuman, karyawan front office juga harus sigap dalam bertindak contohnya Bila ditemui tamu yang membawa barang berlebihan, karyawan front office bisa menawarkan diri untuk membawa barang tersebut.

tamu-hotel-9Kemudian Segera arahkan tamu kepada bagian customer service untuk melakukan registrasi. Selanjutnya service excellence di hotel dilanjutkan oleh customer service. Sikap ramah dan murah senyum masih berlaku dalam hal ini.

Ketika tamu hotel bertanya mengenai booking kamar dan tarif, customer service harus memberikan penjelasan kepada tamu dengan kata-kata yang sopan, halus dan ramah. Berikan penjelasan yang jelas supaya tamu dapat paham dengan benar.

Selain itu service excellence di hotel juga harus diterapkan pada fasilitas fasilitas hotel yang lengkap dan memadai sebagai upaya meningkatkan kepuasan tamu hotel. Misalnya menyediakan fasilitas kolam renang, ruang tunggu, restoran, ruang olahraga, ruang meeting dan taman bermain untuk anak anak. Semakin lengkap fasilitas hotel tersebut, maka semakin baik pula services yang diberikan oleh hotel.

Service Excellence di hotel juga harus dilakukan oleh karyawan restoran hotel dimana mereka harus memberikan pelayanan yang cepat kepada tamu agar tamu tidak menunggu lama. Seperti misalnya ketika Tamu masuk dan duduk di kursi restoran, pelayan hampiri dan tanya kebutuhannya. Sehingga tamu tidak harus memanggil pelayan berulang kali untuk memesan makanan.

Agar semua karyawan di hotel melakukan service excellence di hotel yang terbaik dan sesuai standart, ada baiknya bagi pimpinan hotel untuk memberikan training service excellence kepada setiap karyawan. Mulai dari tentang bersikap, bertindak, berdandan, berucap hingga berpakaian. Pasalnya sevice excellence di hotel yang terbaik bisa berjalan sempurna bila dilakukan oleh semua pihak yang terkait.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>