Seperti Apakah Service Excellence Di Bandara Yang Terbaik, Cari Tahu Jawabannya Disini...!!
4 March 2017
Category:
Blog
Service Excellence Views: 496
Comments: 0

Seperti Apakah Service Excellence Di Bandara Yang Terbaik, Cari Tahu Jawabannya Disini…!!

Service excellence adalah pengertian dari pelayanan prima, dimana pelayanan prima ini selalu diperlukan dalam suatu usaha ataupun kegiatan supaya pelanggan merasa nyaman. Nah kesempatan kali ini, saya akan sedikit membagikan tentang service excellence di bandara. Artikel ini saya bagikan berdasarkan pengalaman saya saat di bandara.

Service excellence di bandara sangatlah harus dilakukan dan diterapkan bagi pihak bandara demi menjaga kenyamanan bagi para penumpangnya. Seperti yang kita ketahui tidak semua orang yang datang ke bandara mengerti tentang aturan saat akan atau sedang naik pesawat. Maka dari itulah pihak bandara harus memberikan service excellence agar penumpang bisa nyaman dan tidak takut saat naik pesawat.

Lalu seperti apakah service excellence di bandara yang terbaik ?

Service excellence di bandara mencakup 4 aspek yaitu :

1.  Service Excellence saat di bandara

shoppingconciergeSeperti yang kita ketahui tidak semua orang yang datang ke bandara adalah orang orang yang berpengalaman atau sering mengunjungi tempat ini, bagi mereka yang sudah tahu seluk beluk bandara tentu tidak akan bingung,

mereka bisa dengan cepat dan nyaman mengurus segala kebutuhannya tanpa kebingungan, nah lain halnya bagi mereka yang baru pertama kalinya atau jarang ke bandara, tentunya mereka akan bingung dengan sistem atau peraturan yang ada dibandara,

seperti misalnya akan mengecek jadwal keberangkatan,memesan tiket, melakukan check in, atau menjemput seseorang dibandara. Nah maka dari itulah pihak bandara harus teliti dan peka dengan orang orang yang seperti ini, beberapa service excellence yang bisa dilakukan dibandara yaitu :

  • Menyambut calon penumpang saat masuk ke dalam bandara
  • Memberikan senyum, sapa dan sopan kepada calon penumpang
  • Memberikan pengarahan bagi penumpang yang bingung saat akan memesan tiket
  • Melayani segala kebutuhan calon penumpang
  • Memberikan petunjuk dengan baik kepada calon penumpang yang bingung mencari tempat di bandara seperti saat akan ke tempat loket, ke toilet atau yang lainnya.

Bagi calon penumpang yang mulai check in, pihak bandara wajib mengingatkan calon penumpang untuk barang barangnya supaya tidak ada barang penumpang yang hilang, ketinggalan atau bahkan penumpang salah menaruh barangnya. Pihak bandara bisa memberikan pengarahan yang baik kepada calon penumpang.

2. Service Excellence saat di dalam pesawat sebelum berangkat

sia-cabin-crewsService excellence pun juga berlanjut saat di dalam pesawat, karena service excellence di bandara saat didalam pesawat sangat diperlukan agar para penumpang di dalamnya bisa nyaman dan santai saat sedang terbang.

Beberapa contoh service excellence di bandara saat didalam pesawat sebelum keberangkatan

  • Saat penumpang masuk ke dalam kabin pesawat disambut dengan ramah oleh pramugari cantik dengan ucapan salam khas masing masing merek pesawat.
  • Didalam pesawat tersedia fasilitas koran gratis yang dapat diambil dan dibaca oleh semua penumpang saat di dalam pesawat.
  • Membuat Suasana kabin pesawat yang bersih, nyaman, dan aroma kabin yang wangi sehingga akan membuat suasana di kabin pesawat menjadi sangat sejuk.

Dalam memberikan service excellence di bandara yang terbaik harus dilakukan dengan benar-benar all out Mulai dari kelas pesawat ekonomi, bisnis hingga kelas eksekutif semua mendapatkan pelayanan yang sama yaitu prima, ramah dan menyenangkan.

3. Service Excellence Selama Terbang

  • Sebelum take-off, pramugari wajib memberikan pengarahan tentang prosedur keselamatan saat  terbang. Dimana Penyampaian ini harus disampaikan dengan lantang dan jelas.
  • Tak hanya pelayanan dari pramugari, tapi Pilot juga harus bersikap komunikatif pada penumpang agar penumpang merasa nyaman dan aman selama terbang. Pilot harus memberitahukan kondisi selama terbang supaya penumpang juga mengetahui kondisi saat tebang dan dapat memakluminya.
  • Sebelum pesawat take-off, pramugari juga harus memastikan bahwa semua penumpang sudah menggunakan sabuk pengaman dengan benar.
  • Pramugari juga harus selalu memeriksa dengan teliti apakah semua penumpang sudah dan memastikan tidak ada penumpang yang tertinggal.
  • Pastikan semua penumpang telah melakukan tindakan sesuai prosedur yang telah ditetapkan.
  • Sebelum pesawat akan landing pramugari harus memastikan bahwa sabuk pengaman penumpang masih terpasang dengan benar dan dengan posisi sandaran yang benar dalam keadaan tegak.
  • Pastikan Penumpang yang tertidur dibangunkan dengan sopan dan perlahan serta membantunya untuk duduk dengan sandaran kursi berdiri tegak dengan benar.
  • Servcie excellence sebelum pesawat landing seperti ini sangat perlu dilakukan demi menjaga keselamatan dan keamanan bagi para penumpang.
  • Setelah pesawat berhasil landing, pramugari harus langsung bergegas berjajar di dekat pintu keluar untuk melepas para penumpang turun dari pesawat. Berikan sapaan selamat jalan dan terima kasih dengan senyuman.
  • Pastikan pramugari mengingatkan penumpang tentang barang bawaannya.

4. Service Excellence Saat Pesawat Landing di Bandara Tujuan

c98235fa8741dd94350c7901d488c01fDengan service excellence di bandara yang terbaik inilah yang mampu membuat pengalaman para penumpang saat berkendara pesawat menjadi sangat mengesankan bagi siapapun.

Service Excellence ini wajib diberikan kepada para penumpang tak hanya saat dibandara tapi dimulai dari proses reservasi hingga landing tiba di bandara tujuan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>