SERVICE Excellence Definition
14 May 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 767
Comments: 0

SERVICE Excellence Definition

Service Excellence Definition adalah komponen penting dalam dunia pelayanan pelanggan. Sehingga sebuah perusahaan bisa semakin eksis dalam persaingan bisnis yang sangat ketat. Sebenarnya service excellence atau layanan prima memang bagian kecil dari manajemen perusahaan.

Tapi kalau dijalankan dengan tepat, maka akan memberikan efek besar bagi perkembangan perusahaan apalagi yang bergerak pada bidang layanan publik atau bidang jasa.

Service Excellence Definition

Service Excellence Definition, image

Pengertian service excellence

Service excellence merupakan rasa kepedulian terhadap pelanggan, dengan cara memberikan layanan terbaik. Dengan begitu, bisa memberikan fasilitasi untuk memudahkan pemenuhan kebutuhan dan terus berupaya meningkatkan kemampuan , perhatian, penampilan, sikap, tanggung jawab dan tindakan. Agar bisa memberikan kepuasan kepada pelanggar, supaya para pelanggan lebih loyal terhadap produk atau perusahaan tertentu.

Mengapa harus memberikan service excellence?

Pelanggan adalah aset dalam setiap bisnis. Mendapatkan pelanggan potensial dan loyal adalah prestasi luar biasa, yang akan memberikan terus peningkatan perusahaan. Berbagai alasan membuktikan kalau pemenuhan kebutuhan service excellence sangat penting. Sehingga dari setiap staf sangat penting untuk memahami Service Excellence Definition.

Perusahaan menawarkan barang dan jasa, agar bisa diberikan kepada pelanggan. Jadi bisa dikatakan pelanggan adalah tujuan bisnis, agar bisa meraih tujuan bisnis itu, maka harus memberikan perhatian total kepada pelanggan. Aspek terpenting adalah melayani dengan sepenuh hati, sehingga bisa menghasilkan pelayanan yang optimal.

Tanpa adanya pelayanan yang prima, maka produk dan jasa yang ditawarkan akan terasa hambar. Produk yang ditawarkan menjadi tidak menarik dan konsumen tidak terpikat untuk membelinya. Padahal tanpa adanya konsumen, maka bisnis akan segera gulung tikar.

-          Pelanggan berhak memilih produk atau jasa terbaik

Pelanggan tentunya tidak bisa dipaksa untuk mengikuti keinginan perusahaan. Konsumen bisa membeli produk atau jasa yang ditawarkan sebuah perusahaan sehingga konsumen berhak memperoleh keuntungan dari uang yang telah diperbelanjakan.

Kalau pelanggan itu tidak menyukai produk atau jasa yang didapatkan, maka keputusan mutlak baginya untuk berpindah ke produk lain kalau merasa tidak puas. Semakin banyak produk atau jasa yang serupa di pasaran, maka semakin banyak alternatif yang dapat menjadi pilihan konsumen.

-          Pelanggan menjadi sarana promosi efektif

Pelanggan yang merasa puas akan memberikan berbagai keuntungan bagi pelaku bisnis. Kalau konsumen merasa puas dengan konsumsi produk tertentu, maka mereka akan kembali untuk order ulang atau pembelian kembali.

Hal ini juga sekaligus meningkatkan tingkat kepercayaan konsumen terhadap perusahaan. Bahkan saat ada gosip miring mengenai produk atau jasa yang sering digunakannya, bahkan pelanggan setia itu yang akan membela perusahaan.

Pelanggan setia juga akan menjadi sarana promosi sangat efektif. Karena saat mereka merekomendasikan produk dan jasa sebuah perusahaan tanpa berpikir ulang, mereka akan langsung mengikuti sarannya.

Promosi dari mulut ke mulut sangat terbukti ampuh dan menjadi efek domino yang luar biasa. Inilah pentingnya memahami Service Excellence Definition sehingga bisa menjaring pelanggan potensial, yang akan sangat meningkatkan keberhasilan bisnis.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>