Rahasia Sukses Bisnis Ala Artis
5 January 2016
Category:
Blog
Cerita Sukses
MotivSTORY Views: 587
Comments: 0

Rahasia Sukses Bisnis ala Artis

foto david chalik

Bagaimana Rahasia Sukses Bisnis ala Artis?

Saat ini sudah tidak asing kita dengar banyak para selebriti Indonesia yang mencoba peruntungannya dalam dunia bisnis. Mulai dari berbagai macam bisnis seperti kuliner, fashion, tempat karaoke, dan lain sebagainya. Tidak terkecuali artis David Chalik.  Artis yang dikenal kerap membintangi diberbagai  tayangan bertemakan religi dan juga presenter acara religi di sebuah stasiun tv swasta ini pun memiliki bisnis di bidang fashion. David Chalik saat ini sedang membangun bisnisnya di  produk sepatu olahraga dengan Brand “Marc”.

Alasan mengapa David memulai bisnisnya di bidang sepatu olahraga adalah karena peluangnya masih sangat besar, dan saat ini pemain besarnya lebih didominasi dari produk luar negeri yang sudah terkenal seperti misalnya merk Nike atau Adidas, dan belum banyak produk lokal yang bermain dalam bisnis ini. Hal ini yang menjadikan David Chalik tertantang untuk membesarkan produk local didalam negeri bahkan hingga luar negeri.

Strategi yang digunakan David untuk membesarkan mereknya  pun cukup unik. David melihat perilaku konsumen di Indonesia dalam menggunakan produk sepatu olahraga ada dua hal. Yang pertama konsumen mau menggunakan produk tersebut apabila produknya adalah produk luar negeri. Yang kedua, konsumen mau menggunakan produk tersebut karena selebriti yang menggunakan produknya.

Melihat perilaku konsumen tersebut, David Chalik menggunakan Strategi yang Pertama yaitu bagaimana membuat merek local bisa berjaya di luar negeri, atau membuat kesan bagaimana membuat produk tersebut terkesan seperti produk dari luar negeri. Dari mulai bentuk produknya, desain storenya dan menjual melalui jaringan – jaringan diluar negeri untuk mengembangkan produk sepatu olahraga local. Dan saat ini brand “March” sudah ekspor ke berbagai Negara dan kawasan Asia Timur seperti Jepang.

Dalam mengembangkan bisnisnya, David pun menggunakan media online untuk memperbesar pasarnya, yaitu dengan berasosiasi dengan merek dagang online besar yang ada di Indonesia seperti Lazada, OLX dan sebagainya. Dalam membentuk etos kerja di bisnisnya pun, David menerapkan produk yang diciptakan selalu dipakai. Sehingga produk sepatu yang digunakan adalah produknya sendiri, begitupun dengan rekan dan karyawannya sendiri.

Dalam hal meningkatkan kepuasan pelanggannya, David melakukan fast response dalam menangani complain pelanggannya, yaitu dengan cara setiap barang yang dikirimkan kepada pelanggan, langsung menghubungi pelanggan tersebut dan menanyakan apakah ada keluhan atau tidak dari pelanggannya mengenai produk yang baru saja diterimanya.  Hal ini David lakukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggannya, juga untuk terus melakukan perbaikan pelayanan kedepannya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>