Rahasia Meraih Pelanggan Setia dengan Pelatihan Service Excellence
28 February 2015
Category:
Blog
Service Excellence
Training Views: 849
Comments: 0

Rahasia Meraih Pelanggan Setia dengan Pelatihan Service Excellence

AS.HSJ_.AS_.GuestServices

Rahasia Pelayanan Prima

Pelatihan service excellence adalah suatu kebutuhan dan keharusan. Pelayanan prima dalam melayani pelanggan mutlak dimiliki baik itu oleh perusahaan, rumah sakit, atau lainnya. Pasalnya dengan menyediakan pelayanan prima tentu dapat memikat pelanggan setia untuk datang dan datang lagi.

Kenyamanan yang diterima pelanggan pun menjadi salah satu alasan pelanggan kembali menggunakan jasa perusahaan Anda. Adapun dalam hal ini ada beberapa poin penting yang mesti diketahui agar para pelanggan tidak kabur dan mencari perusahaan lain. Kira-kira apa saja poin penting tersebut?

Berikut beberapa diantaranya:

  • Basis of Customer Service

Tentu Anda setuju jika kesan pertama memiliki arti penting. Sebagian besar orang pun menilai dari pandangan pertama. Karenanya penampilan menjadi satu hal yang mesti diperhatikan. Selain itu sikap sopan dan santun dalam menyambut pelanggan wajib dilakukan. Sikap merupakan segalanya tidak terkecuali bersikap sesuai etika seperti jujur dan melakukan hal yang benar.

  • Effective Communication with Customer

Sikap profesional ditunjukkan pula melalui pemilihan kata yang tepat, dengan nada dan intonasi yang pas. Kontak mata dengan pelanggan bisa juga menjadi tanda keseriusan Anda dalam memberikan informasi. Dalam hal ini tentu penggunaan bahasan lisan harus belangsung efektif termasuk berbicara secara jelas, tidak membingungkan, menjawab secara tepat, dapat menanggapi setiap respon balikan pelanggan, dan tahu bagaimana cara menjadi pendengar yang baik. Karenanya poin ini pun menjadi salah satu poin yang tidak boleh terlupa dalam pelatihan service excellence.

  • Relationship Building

Poin ketiga ini berkaitan dengan bagaimana Anda dapat memberikan informasi cepat sesaat setelah Anda mulai berbicara dengan pelanggan. Perlu menjadi catatan bahwa setiap pelanggan memiliki sikap yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, Anda mesti paham bagaimana cara berinteraksi secara positif sehingga dapat membuat pelanggan Anda merasa didengarkan dan dihargai.

  • Face to Face Contact

Poin ini meliputi bagaimana cara memberi salam kepada pelanggan, teknik memberi bantuan kepada pelanggan, dan cara mengakhiri komunikasi dengan pelanggan agar tetap meninggalkan kesan positif.

Training service excellence rumah sakit

Training service excellence rumah sakit

  • Telephone Contacts

Pada poin ini mencakup bagaimana belajar mendengar dan menggunakan kata pembuka yang tepat di telepon. Selain itu bagaimana cara memberikan bantuan kepada pelanggan dan cara mengakhiri kontak telepon dengan baik.

  • E-commerce Contact

Poin pelatihan service excellence meliputi tips berkomunikasi secara efektif melalui email. Tujuannya tidak lain guna mengetahui apa yang menjadi keinginan pelanggan E-commerce.

  • Difficult Customer Contact

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, setiap pelanggan memiliki sikap yang berbeda-beda. Dalam hal ini tidak jarang Anda akan menemui pelanggan yang marah. Dalam hal ini Anda perlu mengetahui sebab pelanggan marah dan mengetahui bagaimana  teknik menyelesaikan akar permasalahan tersebut. Bila kesalahan benar bersumber dari perusahaan, tentu dirasa perlu mengakui kesalahan dan mencoba memberikan penawaran perbaikan

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>