Program Training Karyawan untuk Mewujudkan SDM yang Berkualitas
17 March 2015
Comments: 0

Program Training Karyawan untuk Mewujudkan SDM yang Berkualitas

Service-excellence-11Program training karyawan bermanfaat untuk menjadikan sumber daya manusia di dalam sebuah perusahaan lebih berkualitas. Dalam arti, para pekerjanya dapat memaksimalkan dan mengoptimalkan kegiatan kerja, sehingga membawa keuntungan tersendiri dari perusahaan yang besangkutan.

Training seperti ini penting untuk dilakukan karena dapat bersifat umum dan khusus.
Bersifat umum, yaitu semua karyawan tanpa terkecuali dapat mengikuti training yang diselenggarakan. Sementara bersifat khusus, yaitu hanya beberapa karyawan terpilih yang mengikutinya. Semua itu sudah direncanakan oleh manajemen perusahaan, sehingga karyawan hanya menurutinya saja.

Tujuan perusahaan melakukan program training karyawan

Di atas sudah sedikit disinggung tentang masalah ini. Untuk lebih jelasnya mengenai tujuan melakukan training bagi karyawan, silakan disimak sedikit informasi sebagai berikut.

Pertama, meningkatkan etos kerja. Setiap karyawan tentu saja berbeda dalam hal semangat, berdedikasi, dan berloyalitas saat bekerja. Oleh karena itu, mereka perlu diberikan pelatihan yang isinya juga mengandung motivasi dan penyemangat agar etos kerjanya lebih meningkat. Dengan begitu, kinerjanya akan meningkat dengan signifikan.

Kedua, kemampuan dan keahliannya lebih terasah. Tidak dapat dipungkiri bahwa perusahaan sangat membutuhkan karyawan yang berkemampuan dan berkeahlian tinggi dan siap pakai. Oleh karena itu, tidak ada salahnya menyelenggarakan program training karyawan untuk mengasah kemampuan dan keahlian mereka dalam menjalankan tugas-tugas yang telah diberikan.

Ketiga, menjadi karyawan hebat. Dalam arti, seorang karyawan yang dapat diunggulkan karena hasil kerjanya selalu memenuhi target, minim keterlambatan, selalu berprestasi, dan tidak bermasalah dengan rekan kerja atau pimpinannya. Jika ada karyawan seperti itu, sudah sepantasnya untuk dipromosikan menempati jabatan tertentu oleh manajemen perusahaan. Karyawan seperti itu bisa diwujudkan dengan mengikuti training atau pelatihan.

Keempat, bersifat kompetitif. Artinya, antar karyawan dirangsang untuk menjadi yang terbaik bagi perusahaan. Oleh karena itu, mereka dapat berkompetisi asalkan secara baik dan memakai cara yang santun. Karyawan seperti itu akan menjadi motor penggerak bagi sebuah perusahaan untuk maju dan berkembang karena semangatnya untuk bekerja begitu bagus.

Sumber daya manusia yang luar biasa

Karyawan yang dimiliki sebuah perusahaan mungkin terbatas kemampuan dan keahliannya. Namun demikian, antara satu dengan yang lain bisa saling mengisi untuk menutupi kelemahan masing-masing. Dengan begitu, kinerja mereka jika dilihat secara tim atau berkelompok menjadi hebat. Hasil kerja yang dihasilkan juga luar biasa dan bisa diandalkan.

Beruntunglah perusahaan yang memiliki sumber daya manusia seperti itu. Namun, bagi perusahaan yang belum memilikinya dapat memanfaatkan jasa training yang dijalankan dan dikelola oleh sekelompok orang yang bernaung di sebuah perusahaan tertentu. Mereka disewa untuk melakukan training kepada karyawan diberbagai perusahaan agar menjadi sumber daya manusia yang hebat. Itulah manfaat dari penyelenggaraan program training karyawan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>