Prinsip Dasar Teknik Presentasi Yang Efektif
20 May 2015
Category:
Blog
Communication
Sales Views: 3,798
Comments: 0

Prinsip Dasar Teknik Presentasi Yang Efektif

Presentasi yang sukses adalah presentasi yang bisa efektif menyampaikan isi materi secara keseluruhan pada audiens, begitu juga audiens mampu menerima semua informasi yang disampaikan oleh presentator. Banyak orang yang mengklaim mampu melakukan presentasi, namun tak semua orang yang presentasi berhasil dalam presentasi yang efektif.

Sebenarnya banyak teknik presentasi yang efektif tersebar dimana-mana dan mudah dipelajari. Namun lepas dari itu semua kita tetap harus memahami apa saja dasar-dasar berkomunikasi sehingga kita mampu untuk menerapkan teknik presentasi yang efektif.

teknik presentasi yang efektif

Teknik Presentasi Yang Efektif, image

Disebut sebagai komunikasi efektif bukan dinilai dari seberapa ahlinya presentator menguasai materi tersebut. Tetapi semua itu dinilai dari seberapa mampunya presentator menyampaikan isi dari materi dengan bahasa yang enak didengar dan mudah dicerna oleh audiens. Nah, berikut ini ada beberapa prinsip dasar dalam melakukan presentasi agar kita bisa menerapkan teknik presentasi yang efektif dengan sangat baik.

Mampu Menguasai Audiens

Meskipun biasanya audiens dan situasi presentasi menjadi tanggung jawab moderator, presentator adalah kunci utama dari bagaimana sikap audiens selama proses presentasi berlangsung. Dengan teknik presentasi yang efektif,  presentator mampu menguasai dan mengendalikan audiens dengan caranya menyampaikan materi begitu kreatif dan menarik, maka audiens akan bersikap lebih baik ketika menyimak presentasi sehingga suasana presentasi menjadi sangat efektif.

Kemampuan Bicara Dan Gesture Tubuh

Kemampuan bicara dan gesture atau bahasa tubuh adalah kunci utama dari efektifitas sebuah presentasi. Presentator yang memiliki kemampuan bicara meyakinkan dan bahasa tubuh yang ikut berbicara akan sangat menarik minat audiens untuk menyimak presentasi.

Semua akan berbeda jika presentator benar menguasai materi dan memiliki kemampuan berbicara yang baik tetapi bahasa tubuhnya kurang berbicara, maka suasana presentasi akan menjadi kaku dan membosankan. Hal-hal seperti itulah yang membuat presentasi menjadi tidak efektif.

Pahami Latar Belakang Audiens

Menurut saya, memahami latar belakang audiens adalah prinsip dasar dalam melakukan komunikasi 2 arah seperti presentasi. Audiens adalah target utama dalam sebuah presentasi, presentasi dikatakan sukses jika banyak auidens yang mengerti dengan isi materi yang ditandai dengan ketertarikan audiens untuk bertanya dan mengetahui lebih banyak. Maka dari itu, penting sekali bagi kita memahami latar belakang audiens. Bagaimana latar pendidikannya, budayanya atau yang lainya.

Jika Anda presentasi diatara orang-orang berpendidikan tinggi, keluarkanlah ilmu dan teori Anda dengan bahasa tinggi yang meyakinkan. Tetapi semua itu akan berbeda jika Anda diberi tanggung jawab untuk presentasi diantara para ibu rumah tangga yang rata-rata berpendidikan SMP, Anda harus menggunakan bahasa ibu, bahasa yang lebih umum agar lebih dimengerti dan memberikan contoh-contoh yang lebih nyata agar audiens dapat memahami semua maksud Anda. Dengan begitu Anda dapat menerapkan teknik presentasi yang efektif, baik dan benar.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>