PERANAN dan Manfaat Training Customer Service
9 November 2016
Category:
Blog
Service Excellence Views: 849
Comments: 0

PERANAN dan Manfaat Training Customer Service

Pelanggan adalah aset berharga bagi sebuah bisnis tau perusahaan. Karena itu, salah satu kunci sukses untuk meningkatkan omzet penjualan adalah dengan memelihara hubungan baik dengan para konsumen. Caranya dengan selalu memberikan pelayanan memuaskan. Untuk itulah, sangat penting membekali karyawan, dengan training customer service.

Training Customer Service

Training Customer Service

Peranan penting training customer service

Interaksi yang baik dengan pelanggan, bisa memberikan manfaat positif sebagai ajang promosi perusahaan, layanan dan produk bisnisnya. Sayangnya, terkadang untuk menjalin komunikasi yang tepat dengan konsumen bukanlah hal mudah. Karena umumnya, kepuasan pelanggan tercipta atas kemampuan memberikan pelayanan pelanggan atau customer service.

Pelatihan customer service akan menambah pemahaman terhadap kompetensi, ketrampilan dan tantangan, yang diperlukan agar bisa sukses melayani para konsumen. Faktor kecepatan sangat dibutuhkan dalam melayani pelanggan. Jadi, jangan biarkan mereka terlalu menunggu lama untuk mendapatkan pelayanan dan produk yang diinginkan.

Kompetisi bisnis semakin menantang, bagi perusahaan atau pelaku bisnis yang tidak bisa memberikan pelayanan cepat dan memuaskan, bersiap diri untuk tergilas oleh para pesaingnya. Apalagi dengan dukungan teknologi dan informasi, serta perkembangan e-commerce, setiap perusahaan harus berbenah untuk memberikan pelayanan terbaik.

Manfaat training customer service

Karena pelayanan yang baik dan memuaskan, akan semakin meningkatkan citra dari perusahaan. Dengan mengikuti pelatihan customer service, peserta akan mendapatkan pengetahuan memadai mengenai pelayanan pelanggan yang baik. Sehingga keahliannya meningkat dan menjadi tenaga handal dalam customer service. Apa sajakah manfaat dari trainingcustomer service tersebut?

  • Membangun kemampuan bersikap positif

  • Menciptakan pola pikir sukses dalam menjalankan pekerjaan

  • Meningkatkan teknik agar bisa menjalin komunikasi yang efektif dengan pelanggan

  • Meningkatkan pemahaman dan memberikan solusi terbaik bagi kebutuhan pelanggan

  • Meningkatkan dasar penting dalam pelayanan yang berkualitas tinggi untuk     pelanggan

  • Mampu merancang dan menerapkan rencana pengembangan diri dengan baik

Materi training customer service

Berbagai materi akan disampaikan trainer dalam pelatihan customer service. Secara umum, akan diberikan pengetahuan dan pemahaman, mengenai customer service excelence (pelayanan prima terhadap pelanggan) dan teknik berkomunikasi.

Dengan mengetahui customer service excelence, maka diharapkan karyawan bisa menghadapi pelanggan dengan selalu bersikap positif, mengenali kebutuhan pelanggan, mampu memenuhi kebutuhan pelanggan dan bisa memastikan pelanggan akan datang kembali atau melakukan repeat order produk yang ditawarkan.

Kemampuan berkomunikasi juga semakin meningkat. Dengan memahami cara komunikasi assertif, komunikasi empati, teknik menghadapi komplain, teknik menjaga emosi, panduan dalam menerima telepon dan lain sebagainya.

Sehingga dengan berbagai teknik yang diterapkan, bisa mengambil hati pelanggan. Selanjutnya bisa membina hubungan lebih baik dengan pelanggan. Kalaupun ada konsumen yang kecewa, karena sudah mengikuti training customer service, maka bisa menghadapinya dengan ramah dan memberikan solusi terbaik bagi konsumen.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>