PERANAN Customer Service Online Dalam Meningkatkan Penjualan
30 December 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 814
Comments: 0

PERANAN Customer Service Online Dalam Meningkatkan Penjualan

Keberadaan customer service online sangat dibutuhkan setiap perusahaan. Perkembangan teknologi, membuat cara berkomunikasi menjadi semakin variatif. Karena tidak hanya mengandalkan komunikasi langsung, tetapi juga secara online. Berbagai media yang digunakan, seperti media sosial, blog, email, telepon dan sebagainya.

customer service online

customer service online

Peranan penting customer service online

Pelayanan pelanggan berperan sebagai pusat layanan informasi, komunikasi dan penanganan terhadap keluhan konsumen. Tenaga customer service harus mampu membina hubungan baik, antara konsumen dan perusahaan. Karena kondisi bagus tersebut, bisa dimanfaatkan sebagai salah satu strategi guna meningkatkan angka penjualan.

Melalui customer service, kebutuhan pelanggan bisa diketahui dengan mudah. Dengan adanya mereka, pelanggan pun merasa nyaman dalam menggunakan produk, karena ada tempat baginya menyampaikan keluhan. Dengan menghubungi pelayanan pelanggan, konsumen bisa berkonsultasi, sekaligus mendapatkan solusi terbaik saat terjadi permasalahan tertentu.

Jadi customer service sangat berperan aktif dalam menjelaskan seluk beluk produk yang ditawarkan perusahaan, memberikan pelayanan konsumen, menangani komplain dari pelanggan, membantu meningkatkan omzet penjualan dan memberikan saran untuk strategi pengembangan bisnis. Inilah setidaknya peranan penting, dari customer service online.

Karena tidak bisa bertatap muka langsung, maka tenaga pelayanan konsumen tersebut harus mampu menggunakan bahasa yang santun dan mudah dipahami. Sehingga konsumen bisa menangkap penjelasan dan mengikuti semua saran yang diberikan. Bahasa tersebut baik lisan maupun tulisan. Intonasi berbicara harus tepat, agar pelanggan merasa terlayani.

Cara meningkatkan penjualan melalui customer service online

Berbagai cara bisa dilakukan oleh tenaga customer service, supaya membantu menciptakan kepuasan pelanggan. Sekaligus mampu meningkatkan angka penjualan yang sangat signifikan. Selanjutnya, diharapkan akan semakin banyak tercipta pelanggan loyal. Apa saja cara yang bisa diterapkan?

  • Menggali kebutuhan konsumen

Komunikasi yang baik dengan konsumen, memudahkan customer service dalam menggali seluruh kebutuhan pelanggan. Hal itu bisa dilakukan, saat berkomunikasi melalui email, chatting, telepon dan lain sebagainya.

  • Memberikan rekomendasi produk yang tepat

Mengetahui kebutuhan pelanggan, maka memudahkan untuk memberikan produk atau jasa untuk memenuhi keinginannya. Saat memberikan rekomendasi, tidak hanya semata demi keuntungan perusahaan. Tetapi disertai juga dengan berbagai alasan memadai, kenapa produk tersebut sangat layak digunakan.

  • Menyampaikan program promosi

Berbagai program promosi biasanya digelar perusahaan, untuk lebih menarik konsumen dan memperbesar angka penjualan. Seperti adanya pemberian diskon. Mungkin saja sebelum adanya potongan harga konsumen kurang berminat membeli produk. Tapi setelah ada diskon mereka tertarik untuk membelinya.

  • Membantu konsumen untuk melakukan order

Mungkin saja calon pembeli merasa kesulitan dalam melakukan order. Tenaga customer service online bisa menawarkan bantuan, agar proses tersebut bisa dilalui dengan mudah oleh konsumen. Dengan begitu, secara otomatis semakin banyak konsumen yang terbantu dan sekaligus meningkatkan omzet penjualan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>