Peran Penting Customer service dalam kemajuan bisnis
6 October 2016
Category:
Blog
Service Excellence Views: 415
Comments: 0

Peran Penting Customer service dalam kemajuan bisnis

Dalam perkembangan kemajuan suatu perusahaan tentu yang menjadi pejuang garis depan adalah customer service. Jika banyak orang yang menganggap rendah pekerjaan seorang customer service itu SALAH. Sebenarnya menjadi seorang customer service tidaklah mudah banyak ilmu yang harus mereka pelajari bahkan sampai harus memutar otak untuk bisa memenangkan hati pelanggan. Menjadi customer service juga diperlukan sikap dan pribadi yang hebar dan cerdas khususnya memiliki pribadi yang melayani bukan yang minta dilayani.

Tim customer service yang handal mampu melahirkan kesuksesan bisnis yang dijalankan. Namun peran customer service yang handal ini juga harus didukung oleh perusahaan itu sendiri dimana perusahaan harus mampu membangun karakter dan mindset tim customer service yang handal dalam memberikan pelayanan yang berkualitas. Apalagi di jaman sekarang ini sudah banyak orang yang tertarik membangun bisnis hingga kompetisi dalam berbisnis semakin penuh dan ketat.

Large Group of Diverse PeopleMaka dari itu agar perusahaan tidak kalah dan ditinggalkan para pelanggan setianya maka perusahaan wajib membangun kepribadian dan strategi pelayanan yang tepat untuk menarik pelanggan dan mampu membujuk pelanggan agar tertarik menggunakan produk perusahaan anda.

Namun sayangnya dalam mewujudkan strategi ini tidaklah mudah, dimana dalam bisnis tentu terdapat berbagai macam tantangan. Nah disinilah peran customer service yang handal dibutuhkan. Dengan kata lain setiap tantangan ini customer service harus mampu menangani tantangan pelayanan tersebut secara professional, cerdas dan bijaksana.

Tapi sebagai customer service haruslah bersikap hati hati. Pastikan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan, tim customer service tidak main main dan melakukannya secara konsisten. Pastikan customer service harus selalu bersikap ramah dan baik kepada pelanggan siapapun tanpa melihat status dan penampilan pelanggan tersebut. Karena jika tidak maka taruhannya adalah kredibilitas dan reputasi perusahaan anda menjadi tercemar dan jelek dimata pelanggan.

Beberapa sikap yang harus dimiliki oleh customer service

  • Jujur, Bertanggung jawab, Responsif
  • Agresif, Cepat dan tepat waktu
  • Disiplin, Murah senyum, Bijaksana
  • Positif, Sabar, Empati dan toleransi
  • Etos kerja, Melakukan pekerjaan sepenuh hati
  • Selalu menyapa pelanggan
  • Boleh akrab tapi tidak berlebihan
  • Sikap melayani bukan minta dilayani
  • Tulus, Selalu bahagia dan ceria
  • Mimik wajah yang menyenangkan

Kinerja customer service ini juga harus didukung darj perusahaan dimana perusahaan juga harus melakukan on the spot riset dengan mensurvei beberapa perusahaan lain untuk mempelajari konsistensi sikap baik pelayanan kepada pelanggan. Pasalnya setiap perusahaan tentu memiliki cara tersendiri pelayanan untuk mendapatkan pelanggan setia. Tapi yang harus selalu anda terapkan kepada semua karyawan khususnya customer service adalah etos kerja yang baik. Karena customer service seperti inilah akan dapat memenangkan hati pelanggan sehingga pelanggan senantiasa setia dan loyal kepada perusahaan kita.

Sikap yang jujur sangat mendukung dalam membangun etos kerja yang baik. Etos kerja yang baik adalah hasil akhir dari perusahaan sebagai bentuk wujud pelayanan yang baik dari customer service kepada pelanggan.

Selain etos kerja, perusahaan juga harus membentuk mindset dan karakter para tim customer service mereka dalam membangun budaya perusahaan yang luar biasa disiplin. Tapi Customer service juga harus memiliki rasa cinta untuk melayani. Dan untuk mewujudkan rasa cinta untuk melayani harus didukung dengan sikap yang memimpin, keyakinan, ketrampilan, totalitas dan melakukan sesuai dengan sistem dan prosedur dari perusahaan.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>