Tips Customer Relationship Management
3 October 2016
Category:
Blog
Service Excellence Views: 299
Comments: 0

Tips Customer Relationship Management

Dalam sebuah service excellent tentu bukan hanya sekedar memahami cara pelayanan atau cara melayani customer, tapi dalam sebuah service excellence diperlukan pemahaman yang mendalam tentang ilmu pelayanan, salah satunya adalah customer relationship management. Customer relationship menagement adalah pengertian dari management hubungan terhadap pelanggan.

Customer relationship management tidak hanya sekedar mengenai teknologi yang tinggi tapi juga harus memahami bagaimana cara membangun sebuah pondasi pelayanan yang tangguh baik pelayanan secara internal maupun secara eksternal.

Dimana pondasi pelayanan ini hanya fokus bagaimana cara menaklukan hati dan pikiran para pelanggan dengan cara bersikap baik dan pelayanan professional dalam memberikan segala kemudahan yang dibutuhkan pelanggan guna mencapai keinginan yang diharapkan pelanggan.

Manfaat customer relationship management

  •  Dijadikan sebagai pondasi untuk mencapai target pelayanan terhadap pelanggan berkualitas tinggi.
  •  Menciptakan hubungan secara professional antar personal dalam sebuah hubungan internal perusahaan.
  •  Sebagai alat untuk meningkatkan kepuasan pelanggan secara maksimal
  •  Sebagai alat dalam memberikan segala kemudahan bagi pelanggan sehingga pelanggan akan dapat merasakan keuntungan
  •  Sebagai alat penyedia segala informasi pelanggan secara lengkap dan jelas sehingga memberikan pelayanan yang semakin berkualitas dalam melayani pelanggan
  • Sebagai alat untuk mengatur strategi yang baik dalam memberikan pelayanan yang berkualitas tinggi bagi pelanggan. Agar manfaat dari customer relationship management dapat terwujud secara maksimal maka semua karyawan termasuk pimpinan harus memanfaatlan ilmu ini secara pintar

Terutama dapat dimanfaatkan secara cerdik oleh pimpinan dimana pihak pimpinan perusahaan harus jeli melihat peluang dan melakukan survei terhadap kepuasan pelanggan. Survei ini sangat berguna bagi perusahaan untuk membuat suatu produk baru untuk mendukung segala kebutuhan pelanggan.

Intinya perusahaan harus paham betul tentang mood pelanggan terhadap produk anda. Ingat apa yang anda tawarkan itulah yang mereka perlukan.  Dimana jika anda memberikan segala kehebatan dari produk yang anda tawarkan, maka seperti persepsi pelanggan adalah tentang apa yang anda tawarkan tersebut.CRM juga harus didukung dengan mindset yang benar,

pasalnya jika mindset masih salah maka penerapannya juga salah. Ada beberapa pebisnis yang sejak dulu tertanam sebuah mindset terhadap pelanggan atau customer yakni pembeli adalah raja. Dimana bahwa setiap customer harus dilayani bak raja, apapun yang diinginkan harus dituruti dan karyawan harus menuruti apa yang dibutuhkan oleh pelanggan sehingga terkadang ada pelanggan yang semena mena terhadap karyawab.

Maka dari itu mindset mengenai "pembeli / customer adalah raja" harus diganti dengan "customer adalah sumber penghasilan" nah mindset seperti ini tentu akan memberikan fokus terhadap pelayanan pelanggan yang berkualitas dengan harapan dapat mempengaruhi customer menjadi loyal dan tertarik pada jasa atau produk yang anda tawarkan.

Ingat sehebat apapun jasa atau produk yang anda tawarkan, jika pelayanan yang anda berikan tidak berkualitas dan kurang baik maka pelanggan pun akan bersikap tidak baik pula dan dipastikan pelanggan akan malas dengan bisnis anda.

Berikut cara cara merawat customer agar dapat bersikap baik dan loyal terhadap bisnis anda, antara lain

  • Bersikap baik dan mempunyai integritas yang tinggi dalam hal pelayanan customer
  • Selalu siap siaga dalam memberikan segala kemudahan
  • Melayani customer secara universal dan professional tanpa melihat dari tampilan atau profil luarannnya saja.p
  • Berkeyakinan kuat mamupu memberikan segala kebaikan bagu customer
  • Selalu mendengarkan dan menerima dengan baik saran dan kritik dari customer
  • Paham betul tentang apa yang dibutuhkan customer terhadap produk atau jasa yang anda tawarkan
  • Selalu memprioritaskan pelayanan berkualitas tinggi kepada customer
  • Memiliki teknik pelayanan yang jelas dan sederhana
  • Selalu memiliki empati terhadap persepsi customer
  • Memanfaatkan secara cerdik customer relationship management guna mencapai kepuasan pelanggan.
  • Selalu Memberikan senyum tulus kepada setiap orang yang anda temui khususnya bagi para pelanggan.
  • Selalu berikan ruang kenyamanan pada para pelanggan Nah, maka dari itu mulai dari sekarang saatnya Anda mulai berlatih untuk memahami dan mempelajari betul seberapa pentingnya customer relationship management bagi kemajuan dan keuntungan perusahaan anda. Jangan lupa pastikan anda melakukannya dengan sikap tulus dan jujur.

Semoga tips ini bermanfaat bagi kita semua

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>