Peran Customer Service Rumah Sakit
5 May 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 811
Comments: 0

Peran Customer Service Rumah Sakit

Rumah sakit masuk dalam deretan tempat atau saranan yang paling banyak dibutuhkan masyarakat. Bagaimana tidak, ketika badan tiba-tiba merasa tidak nyaman, terjadi kecelakaan di jalan hingga kecelakaan kerja, rumah sakitlah tempat tujuan utamanya.

Banyaknya rumah sakit yang menjamur baik rumah sakit pemerintah maupun swasta saat ini membuat banyak orang mulai bisa memilih mana rumah sakit yang dingin secara bebas. Tentu saja ada hal-hal yang mereka nilai dan membuat mereka lebih nyaman di rumah sakit tertentu.

Padahal sebenarnya pemerintah telah memiliki standarisasi pelayanan rumah sakit, bahkan saat ini hampir semua rumah sakit di kota-kota besar secar bertahap mulai memperbaiki pelayananya, mulai dari tersedianya tenaga dan SDM yang berkualitas, peralatan canggih, dokter spesialis yang tidak kalah dari luar negeri. Itu semua memang sengaja ditingkatkan untuk meningkatkan tingkat kepuasan pasien.

Peran Customer Service Rumah Sakit

Peran Customer Service Rumah Sakit

Namun tahukah Anda bahwa tingkat kepuasan pasien tak hanya dipengaruhi oleh hal tersebut? Ya, ada banyak hal yang dapat mempengaruhi tingkat kepuasan masyarakat, salah satunya adalah peran kerja customer service rumah sakit dalam melayani masyarakat.

Tak jarang meskipun dokter dan perawat di rumah sakit tersebut adalah tenaga paling pintar, tetapi pelayanan customer service rumah sakit tidak sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat maka masyarakat akan dengan mudah mengubah rumah sakit pilihanya. Maka dari itu, penting sekali bagi seluruh rumah sakit di Indonesia khususnya untuk menilik kembali bagaimana peran dari customer service rumah sakit yang juga sangat mempengaruhi tingkat kepuasan pasien.

Berikut beberapa tips dan cara meningkatkan peran customer service rumah sakit agar dapat memuaskan dan meningkatkan nilai pelayanan rumah sakit.

Orang Yang Tepat

Pemilihan orang yang tepat untuk diletakan pada posisi customer service rumah sakit sangat mempengaruhi peran dan penilaian masyarakat terhadap customer service rumah sakit.

Karena pada teorinya haruslah orang-orang yang memiliki kriteria interaktif dan suportif yang bisa menempati posisi ini. orang dengan 2 kepribadian seperti itu adalah orang yang mampu untuk melayani, ramah dan suka berhubungan dengan orang lain. Sehingga sangat dipastikan mereka mampu menjalankan tugas sebagai customer service rumah sakit.

Ikuti SOP Yang Berlaku

Meskipun bekerja sebagai customer service rumah sakit menuntut seseorang untuk selalu ramah terhadap orang lain, tetap saja mereka memiliki ikatan aturan yang berlaku. Mulai dari bagaimana sikap yang harus mereka lakukan ketika menanggapi pertanyaan atau komplain dari pasien/keluarga pasien, bagaimana cara mananggapi pasien yang sedang panik karena rumah sakit adalah tempat dimana seseorang tidak mampu untuk menata emosi.

Dari itu, satu yang perlu diingat, selalu tersenyum dan berkata denga bahasa yang jelas dan mudah dimengerti adalah kunci utama menjalankan tugas sebagai customer service rumah sakit.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>