Pentingnya Tugas Customer Service Rumah Sakit
7 May 2015
Category:
Blog
Service Excellence
Training Views: 3,806
Comments: 0

Pentingnya Tugas Customer Service Rumah Sakit

Tugas customer service rumah sakit saat ini banyak dibahas dan dikait-kaitkan dengan tingkat kepuasan masyarakat yang memakai layanan jasa rumah sakit. Apakah memang begitu adanya? Apakah tugas customer service rumah sakitmemang sangat berperan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan rumah sakit.

Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut tentunya kita harus faham terlebih dahulu apa tugas customer service rumah sakit. Banyak orang menganggap tugas customer service rumah sakit sangatlah mudah karena hanya berhadapan dengan pelanggan dan memberikan petunjuk kepda pelanggan. Namun tahukah Anda jika tak semudah itu menjalankan peran sebagai cuctomer service rumah sakit. Karena customer service rumah sakit memiliki tugas-tugas yang telah memiliki aturan dan prosedur sendiri.

Tugas Customer Service Rumah Sakit

Customer Service Rumah Sakit, image

Kepuasan Pelangan Vs Customer Service

Membicarakan dan menggambarkan kepuasan pelanggan rumah sakit memang sangat erat kaitanya dengan kinerja pelayanan rumah sakit tersebut. Selain memberikan pelayanan yang maksimal, meningkatkan kualitas dokter dan perawat, meningkatkan kualitas teknologi rumah sakit, meningkatkan perhatian dan pelayanan pada tugas customer service rumah sakit juga merupakan hal penting untuk menunjang peningkatan kepuasan pelanggan.

Hal itu dikarenakan tugas customer service rumah sakit adalah yang merupakan tempat pertama berhadapan dengan pasien dan pihak yang berperan dalam memberikan petunjuk kepada pasien tentang bagaimana langkah yang harus ditempuh oleh pasien setelah menjelaskan maskud kedatanganya pada customer service rumah sakit.

Tugas Penting Customer Service

Tugas customer service rumah sakit memang berada diluar konteks medis sebagaimana profesi lain di rumah sakit. Namun customer service rumah sakit harus memahami tentang prosedur-prosedur awal bagaimana seorang pasien harus melakukan pendaftaran, pemeriksaan sebelum mendapatkan tindakan medis.

Mengecek ketersediaan kamar dan mengecek keberadaan dokter yang dicari oleh pasien yang sedang panik karena harus segera mendapatkan pertolongan juga merupakan tugas customer service rumah sakit yang sangat menguji kesabaran. Maka dari itu, meski terlihat sepele tugas ini membutuhkan tingkat kesabaran dan kemampuan dalam penyelesaian masalah untuk melaksanakan tugas customer service rumah sakit.

Customer sevice juga memegang peranan penting didalam memahami bagaimana kemauan dan harapan pelanggan rumah sakit yang memiliki karakter berbeda-beda. Tak jarang banyak pasien yang melakukan protes atau komplain karena pelayanan yang diterima tidak sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini mungkin terbentur dengan status pengetahuan, pendidikan dan kebudayaan pasien yang sangat beraga.

Sehingga customer service merupakan bagian yang tepat yang mampu menggali bagaimana kemauan dan harapan pasien. Tak hanya itu, tugas customer service rumah sakit juga harus pandai membujuk agar pasien bisa meredakan emosinya tanpa menunjukan emosi berarti. Bagaimanapun juga customer service juga merupakan manusia biasa yang juga memiliki batas kesabaran. Terbayang bukan bagaimana rumitnya tugas customer service rumah sakit. Tetapi semua itu dapat dilewati jika kita memang telah mendapatkan pendidikan dan pemahaman bagaimana kita harus menjalankan profesi kita tersebut.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>