Pelatihan Service Excellence
28 March 2015
Category:
Blog
Service Excellence
Training Views: 1,128
Comments: 0

Pelatihan Service Excellence

Pentingnya Pelatihan Service ExcellencePelatihan service excellence tidak hanya dibutuhkan oleh intitusi/perusahaan yang sudah berkembang lama dan besar namun juga institusi/perusahaan yang baru tumbuh dan skala kecil. Training service excellence kini menjadi demam bagi tiap institusi/perusahaan mana pun.

Walaupun service excellence atau layanan prima nampaknya terlihat sederhana. Namun kerapkali dalam prakteknya tidak mudah dilakukan oleh institusi/perusahaan. Banyak hal yang mempengaruhinya mulai situasi dan lingkungan kerja yang kurang kondusif, suasana mental karyawan, dan lain sebagainya.

Oleh karena itulah, pembekalan dan pelatihan yang bertujuan meningkatkan kinerja layanan institusi/perusahaan merupakan keniscayaan. Inilah pentingnya diadakan pelatihan service excellence.

Aspek Penting dalam Service Excellence

Dalam memberikan service excellence hal-hal penting yang tak boleh diabaikan adalah kecepatan, proses, ketepatan, kenyamanan, kualitas, dan kepuasan pelanggan. Intinya service excellence adalah memberikan layanan lebih dari yang diharapkan pelanggan.

Training atau pelatihan service excellence biasanya diadakan untuk membangun pelayanan yang baik dalam institusi/perusahaan, membangun jiwa karyawan (SDM) yang unggul, melihat peluang yang berkaitan dengan konsumen, membantu menangani keluhan pelanggan, melakukan evaluasi, dan sebagainya.

Institusi atau perusahaan yang telah mengikuti pelatihan service excellence diharapkan bisa membangun bisnis perusahaannya berdasarkan pelayanan yang prima dan menerapkan praktek dan manajemen perusahaan yang berbudaya unggul.

Materi Pelatihan Service Excellence

Pelatihan service excellence yang dilaksanakan meliputi training dalam komunikasi, training sales dan pemasaran, training service, training mental, dan lain sebagainya. Materi yang diberikan dalam training service biasanya berkaitan dengan tema layanan prima seperti dasar-dasar, keterampilan dasar, pengembangan layanan, dan penerapan layanan.

Dalam melaksanakan pelatihan service excellence durasi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pelatihan biasanya dalam beberapa hari tergantung pada kebutuhan institusi/perusahaan. Tujuan utama pelatihan ini adalah meningkatkan dan mendapatkan kepuasan pelanggan.

Jika konsumen dilayani dengan service di bawah standar atau kurang memuaskan maka konsumen akan kecewa. Kemungkinan terburuk yang akan didapat oleh institusi/perusahaan dengan pelayanan kurang prima adalah konsumen dan pelanggan akan beralih pada institusi/perusahaan lain yang memiliki layanan unggul. Inilah konsekuensinya jika layanan tidak optimal.

Meningkatkan Keunggulan Layanan melalui Pelatihan Service Excellence

Bagi institusi/perusahaan, service excellence bukan sekedar layanan berkualitas, namun juga sebagai level tertinggi suatu layanan. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan terdapat standar dan ukuran suatu intitusi/perusahaan yang menetapkannya. Standar pelayanan disusun oleh intitusi/perusahaan sebagai referensi dalam memberikan layanan terbaik pada konsumen.

Salah satu indikator keberhasilan bagi institusi/perusahaan adalah pada aspek pelayanan yang diberikan pada konsumen. Biasanya pada momen-momen tertentu akan ada semacam penghargaan, apresiasi, award, dan sejenisnya bagi institusi/perusahaan atas kinerjanya pada konsumen.

Di sinilah pentingnya bagi tiap institusi/perusahaan mengadakan pelatihan service excellence bagi semua SDM yang ada di institusi/perusahaan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>