Pentingnya Mengikuti Training Komunikasi Efektif
1 May 2015
Category:
Blog
Communication
Training Views: 1,063
Comments: 0

Pentingnya Mengikuti Training Komunikasi Efektif

Pentingnya Mengikuti Training Komunikasi EfektifMengapa penting mengikuti training komunikasi efektif? Pelatihan komunikasi efektif jelas penting. Terlebih di tempat kerja. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan pengenalan dan pemahaman akan karakteristik diri sendiri dengan harapan nantinya dapat mudah menjalin hubungan kerja sama yang produktif dan efektif.

Pada intinya pelatihan dibutuhan untuk mengubah para peserta training yang dalam hal ini merupakan para pegawai agar dapat tampil menjadi seorang komunikator yang efektif.

Komunikasi yang efektif itu sendiri bisa diartikan sebagai komunikasi dimana pesan dari pembicara dapat disampaikan dengan baik sehingga mudah didengar dan dipahami sesuai maksud pembicara. Tanpa komunikasi efektif, tentu akan sering terjadi miss communication atau kesalahpahaman. Tanpa bekal komunikasi yang efektif di tempat kerja tentu berisiko pula memicu situasi kerja yang tidak nyaman, gagalnya pemberian instruksi yang tidak sesuai dengan implementasi, kualitas kerja rendah, dan lain sebagainya.

Dengan demikian, tentu sudah cukup jelas pentingnya pelatihan komunikasi yang efektif. Adapun dalam rangka membangun komunikasi efektif di tempat kerja minimal dibutuhkan cakupan materi training komunikasi efektif sebagai berikut:

  • Dasar dan Komponen Utama

Dasar dan komponen utama dalam pelatihan komunikasi efektif misalnya terkait pemahaman hal-hal yang memungkinkan terjadinya kesalahpahaman komunikasi. Adapun untuk komunikasi efektif di tempat kerja sebaiknya materi training juga mencakup kesalahpahaman dalam pemberian instruksi yang bisa jadi tidak dijalankan sebagaimana mestinya dan rendahnya semangat kerja.

  • Dinamika Komunikasi

Pada training komunikasi efektif perlu dipelajari pula terkait dinamika komunikasi. Dinamika komunikasi meliputi menyimak dan bertanya. Maksudnya seseorang mesti tahu cara menyimak yang akan membuat lawan bicara merasa dihargai dan didengarkan.

  • Kepercayaan Diri Saat Berkomunikasi

Materi mencakup trik sederhana menghilangkan rasa gugup saat berbicara di depan orang banyak. Kepercayaan diri pun menjadi satu hal penting bila Anda ingin terlihat menyakinkan sehingga orang lain mau mendengarkan.

  • Seni Mempengaruhi Orang

Komunikasi dikatakan efektif saat maksud informasi yang disampaikan diterima pendengar sesuai harapan. Hal ini tidak lain berkaitan dengan seni seorang pembicara mempengaruhi orang lain dan bisa mendapatkan banyak teman secara mudah.

  • Pentingnya Kesan Pertama

Jadikan kesan pertama meninggalkan kesan berarti. Karenanya seorang pembicara mesti mengetahui trik dasar memulai pembicaraan sehingga memberikan kesan pertama yang positif.

  • Public Speaking

Kemampuan public speaking juga perlu di latih saat training komunikasi efektif. Kemampuan ini mencakup teknik dasar berbicara di depan umum dan memahami benar hal-hal apa saja yang sebaiknya disampaikan dan tidak.

  • Feedback yang Membangun

Feedback yang membangun dibutuhkan guna memupuk rasa percaya diri dan hasrat untuk terus berkembang.

  • Apreaasi dan Motivasi Kerja

Adanya apresiasi dapat mengubah seseorang lahir menjadi pemimpin yang efektif, disukai, dan disegani di tempat kerja.


Klik Request for Proposal untuk mendapatkan penawaran menarik dari Faztrack Indonesia

Request for Proposal

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>