Pentingnya Mengikuti Program Training For Trainer
23 December 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 627
Comments: 0

Pentingnya Mengikuti Program Training For Trainer

Training for trainer sendiri adalah sebuah program pelatihan atau training yang ditujukan untuk para trainer atau pelatih. Yang dimaksud dengan trainer ini adalah sesorang yang akan memberikan pelatihan, atau yang akan melatih seseorang untuk mendapatkan kemampuan tertentu. Seorang trainer tentunya berbeda dengan instruktur atau motifator. Jika dilihat dalam segi bahasa maka yang trainer sendiri berasal dari kata kerja dalam bahasa Inggirs “Train” yang artinya adalah melatih, itu artinya trainer adalah seseorang yang akan melatih seseorang untuk mendapatkan kemampuan tertentu. Instruktur sendiri berasal dari kata instruksi atau memberikan perintah, yang artinya adalah memberikan perintah kepada seseorang untuk mencapai kemampuan tertentu. Sedangkan yang terakhir adalah motivator yang berasal dari kata motivasi, yang artinya seseorang yang mampu memberikan motivasi tertentu agar seseorang tersebut mampu  mencapai apa yang diinginkannya.

Training for Trainer

Training for Trainer

Training for trainer

Training for trainer ini memang perlu dilakukan, tidak hanya untuk mereka yang berkecimpung dalam dunia bisnis, perusahaan, organisasi dll. Kemampuan menjadi seorang trainer sendiri tidak akan didapat dengan mudah. Harus ada pelatihan yang baik agar kemampuan tersebut didapatkan. Saat ini ada banyak sekali pelatihan yang mengajarkan training for trainer. Tujuannya adalah agar si pelatih ini kelak akan mempu mengajarkan berbagai macam keterampilan dengan baik, dan mampu menyusun berbagai macam pelatihan agar siapapun yang akan dilatih kelak akan mendapatkan kemampuan seperti yang mereka butuhkan.

Kemampuan yang diharapkan setelah mengikuti training for trainer

Ketika seseorang masuk dan melakukan latihan training for trainer, maka seseorang tersebut akan diberikan berbagai macam materi, seperti pelatihan secara fisik, keterampilan, sikap dan mental, pengetahuan, dll. Ada beberapa manfaat yang akand iperoleh seseorang ketika mengikuti program seperti ini, seperti :

-          Dapat mengenal komponen dan mengatur bagaimana SDM dalam sebuah perusahaan harus digunakan, agar perusahaan dapat bergerak lebih maju.

-          Mengikuti pelatihan seperti ini tentunya membuat para pelatih dapat merancang dan membuat evaluasi pelatihan dengan baik.

-          Mampu mengetahui dan juga menghayati berbagai macam prinsip dasar dari proses pelatihan tersebut.

-          Dapat mengetahui dan juga memahami berbagai macam type belajar dan gaya belajar dari  berbagai macam orang, agar dapat memberikan materi pembelajaran dengan lebih baik lagi.

-          Yang terakhir adalah dapat memberikan pelatihan yang baik agar orang yang dilatih tersebut memahami siapa dirinya dan kemampuan yang dimilikinya, untuk dapat lebih memajukan perusahaan tersebut.

Ketika seseorang sudah lulus dalam pelatihan training for trainer, maka  seseorang  tersebut tidak hanya dapat menjadi seorang trainer akan tetapi dia juga dapat menjadi seorang instruktur dan motivator. Tentunya mengikuti pelatihan seperti ini akan menjadi sanagt bermanfaat untuk Anda dan lingkungan tempat bekerja.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>