Pentingnya Memahami Service Excellence
12 October 2016
Category:
Blog
Service Excellence Views: 448
Comments: 0

Pentingnya Memahami Service Excellence

Apa di tahun 2016 ini anda memiliki rencana untuk membangun bisnis ?

Sudahkah anda mengetahui bisnis apa yang akan anda bangun ?

Apapun bisnis yang akan anda bangun nanti, tentu bertujuan untuk mencapai keuntungan dan selalu berkeinginan agar bisnis yang anda jalani bisa berjalan dengan sempurna dan mengalami peningkatan. Tapi satu hal yang harus anda tahu, meningkatkan bisnis ini tergantung pada 2 hal yakni kualitas bisnis (produk/jasa yang ditawarkan) dan kualitas pelayanan.
Mengapa demikian?

Karena sebaik baiknya produk yang anda jual tidak akan mampu membuat orang tertarik atau berminat jika pelayanan perusahaan terhadap customer buruk. Apalagi bagi bisnis yang terbilang baru hangat dibangun tentunya pelayanan yang buruk akan mencorengkan reputasi perusahaan sebelum berkembang.

Maka dari itu ingatlah customer sebagai sumber penghasilan bukan customer sebagai raja, karena hal ini akan membuat perusahaan menjadi terfokuskan pada pelayanan secara maksimal agar customer tertarik dan merasa puas. Pasalnya jika pelanggan puas maka mereka akan dengan senang hati datang kembali bahkan mereka tidak segan segan menceritakan kebaikan perusahaan anda kepada orang lain.

Tahukah anda apa itu service excellence?

Service excellence atau kualitas pelayanan adalah pelajaran berharga bagi perusahaan dan memberikan pelayanan kepada customer secara maksimal.

Sebuah buku berjudul “service with emotional quotient” buku hasil karya dari Dr. Patricia patton. Dalam buku tersebut dijelaskan mengenai bagaiaman cara memberikan pelayanan secara prima dan sepenuh hati yang bisa membedakan mana kualitas pelayanan suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya.

Berikut 3 hal mendasar mengenai pemahaman service excellence with emotional quotient :

Belajar memandang diri sendiri

self_talk_mirror_sBanyak orang yang berkata hargailah diri sendiri dulu sebelum anda menghargai orang lain.

Dengan hal ini dimaksudkan bahwa pentingnya bagi setiap individu untuk memahami siapa dirinya mulai dari karakternya, sifatnya, kemampuannya, pengetahuannya, kelebihan dan kekurangannya hingga penampilannya.

Mengapa demikian ?

Karena jika seseorang telah mampu untuk menghargai dirinya, mengerti betul tentang dirinya maka kita dapat dengan mudah membangun motivasi untuk diri sendiri guna membangun rasa percaya diri. Biasanya orang yang telah mampu menghargai diri sendiri otomatis mereka juga mampu menghargai orang lain (dalam hal ini orang lain adalah pelanggan).

Jika kita sudah mampu membangun percaya diri maka kita pun menjadi semangat dan menimbulkan antusiasme yang tinggi. Dengan anfusiasme tinggi maka akan mampu memancarkan kepribadian yang positif kepada orang lain

Belajar memandang orang lain

Businesswomen Shaking HandsSetelah anda mampu memandang siapa anda, maka anda mampu menempatkan diri anda di posisi yang tepat. Maka selanjutnya kita perlu memandang orang lain dan menganggap orang lain penting.

Dimana selain menjalin hubungan yang baik dengan diri sendiri. Kita juga perlu melakukan hubungan yang baik dengan orang lain khususnya hubungan emosional yang positif. Kita tidak boleh memandang orang lain itu rendah apalagi dengan orang orang yang berkaitan dengan bisnis/sesuatu yang kita kerjakan.

Pasalnya dalam hidup itu kita harus saling membantu dan menolong sehingga nantinya ada timbal balik yang positif juga dengan kita. Apalagi jika orang orang kita anggap penting merasa nyaman, puas dan mendapat manfaat yang positif dari apa yang kita kerjakan sehingga nantinya mereka juga akan menghargai usaha kita dan pada akhirnya mereka percaya bahwa semua usaha positif yang kita lakukan adalah tujuannya baik.

Belajar memandang pekerjaan kita

active-learning-3Menghargai dan menganggap penting pekerjaan atau bisnis yang kita lakukan tentunya akan memberikan pandangan yang positif untuk kita, salah satu kita akan melakukan pekerjaan dengan tulus dan sepenuh hati.

Dengan hal ini akan sangat bermanfaat sekali bagi kita karena menghargai pekerjaan mampu menumbuhkan motivasi dan antusiasme yang tinggi untuk pekerjaan kita termasuk antusiasme dalam memberikan pelayanan prima dan sepenuh hati bagi para pelanggannya.

4 sifat yang harus dimiliki dalam service excellence with quotient

  • Gairah (Passionate)
  • Progresif (Progressive)
  • Proaktif (Proactive)
  • Positif (Prositive)

Keempat sifat dalam pemahaman service excellence with quorient harus dimiliki dan diterapkan oleh seluruh karyawan dan perusahaan khususnya pada customer service dalam memberikan pelayanan prima bagi pelanggan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>