Pengertian Service
29 October 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 706
Comments: 2

Pengertian Service

pengertian service tidak seharusnya cuma dipahami sebagai praktik pelayanan berdasarkan sistem berlaku. Dalam konsep kerja di era modern, perwujudannya haruslah benar-benar dilandasasi oleh komitmen dan dedikasi setiap elemen, serta selalu menargetkan hal-hal positif dalam tujuannya membangun reputasi dan kualitas optimal. Istilahnya adalah excellent service.

pengertian service

pengertian service

Excellent Service

Tidak mudah untuk menerapkan ini. Banyak sekali pihak yang terpaksa mengevaluasi dan mengubah tatanan lamanya demi mencapai tujuan penerapan excellent service. Setiap gagasan yang dikembangkan pun belum tentu akan relevan dengan konteks dan partisipasi setiap individu. Lebih menyulitkan lagi jika tidak ada jaminan kepastian peningkatan mutu dari pihak terkait.

Konsep excellent service akan lebih mudah jika dipahami sebagai bentuk pelayanan prima, yang prosesnya merupakan praktik pemenuhan kebutuhan yang diaplikasikan oleh pihak terkait. Praktik tersebut merupakan upaya yang diselenggarakan berdasarkan aturan perundangan berlaku. Jadi, harus ada standar minimal dari praktik pelayanan prima dan dilaksanakan sebaik-baiknya.

Fokus utama dari pelayanan prima selalu pada masyarakat atau klien yang berhubungan langsung dengan instansi itu. Wilayahnya pun bukan hanya mencakup pada lembaga pemerintah karena justru praktiknya bisa dikembangkan lebih bagus dalam perusahaan. Contoh paling sederhana ialah praktik pelayanan dari Customer Service (CS) saat berhadapan dengan klien/publik.

CS merupakan ujung tombak dari sebuah instansi atau perusahaan yang diharapkan mampu membangun komunikasi positif di lingkaran luar. Bukan sekadar ornamen untuk formalitas yang tak memberikan kontribusi ideal dari skema yang telah direncanakan. Oleh sebab itu, dibutuhkan program pelatihan untuk menciptakan praktik excellent service.

Training Excellent Service

Pelatihan semacam apakah yang sebaiknya diselenggarakan oleh sebuah instansi/perusahaan? Program training itu dikonsenstrasikan pada pengasahan kemampuan individu dalam upayanya membangun sistem kerja yang lebih bermutu. Aplikasinya pun dikembangkan pada hal-hal esensial dalam konsep pelayanan publik, misalnya kenyamanan dan jaminan perlindungan keamanan.

Dalam sebuah perusahaan besar, konsep excellent service telah diterapkan secara sistematis dan bahkan selalu berkembang dari tahun ke tahun. Buktinya adalah target pemasaran yang semakin meluas diiringi profit yang senantiasa fluktuaktif. Hal-hal semacam itu memang terasa sangat jauh dari gambaran sebuah perusahaan kecil, namun selalu memungkinkan untuk dicapai.

Kepercayaan merupakan modal utama untuk menjalin ikatan kesetiaan klien pada sebuah produk/jasa dari perusahaan. Begitu pula dalam kaitannya dengan praktik lembaga pemerintah. Dari situlah, tujuan menciptakan kepercayaan positif dirangkai dalam proses penerapan excellent service. Tidak ada yang mustahil selama berbagai tahapannya dijalankan secara konsisten.

Setiap ide mengenai pengembangan konsep dari individu juga patut didengarkan. Bahkan, hal itu sangatlah dibutuhkan oleh sebuah instansi atau perusahaan yang ingin mewujudkan gagasan riil dari excellent service. Oleh sebab itulah, program pelatihan karyawan dan setiap elemen di dalamnya menjadi sangat mendesak.

Comments

comments

2 responses on “Pengertian Service

  1. Wadiyo says:

    Terima kasih info-nya.

    Bagaimana implementasinya untuk usaha jasa pengetikan dan print ya?

  2. […] pengertian service excellent adalah pelayanan yang terbaik oleh kepada setiap pelanggan tanpa membeda-bedakan latar belakang atau faktor apa pun. Indikatornya adalah tingkat kepuasan dari para pelanggan yang telah atau sedang berurusan dengan pihak penyedia layanan itu. Meskipun takaran kepuasan setiap orang berbeda-beda, namun hal itu bisa diukur berdasarkan standar mutu. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>