pengertian service excellent
8 November 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 764
Comments: 0

Pengertian Service Excellent

pengertian service excellent adalah pelayanan yang terbaik oleh kepada setiap pelanggan tanpa membeda-bedakan latar belakang atau faktor apa pun. Indikatornya adalah tingkat kepuasan dari para pelanggan yang telah atau sedang berurusan dengan pihak penyedia layanan itu. Meskipun takaran kepuasan setiap orang berbeda-beda, namun hal itu bisa diukur berdasarkan standar mutu.

pengertian service excellent

pengertian service excellent

Pelayanan Prima

Jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia secara harifiah, artinya adalah pelayanan prima. Artinya, setiap pelanggan akan dipenuhi haknya mulai dari penyampaian pertanyaan, keluhan, pencarian solusi, dan sebagainya. Standar mutu yang diberlakukan juga diterapkan berdasarkan aturan perundangan yang ditetapkan oleh pemerintah dan lembaga/perusahaan terkait.

Praktik Service Excellent

Realisasi dari praktik service excellent harus selalu dievaluasi untuk mencari titik temu yang ideal demi peningkatan mutu pelayanan pada setiap pelanggan. Diiringi pula oleh proses pengamatan dan peninjauan pada hasil pelayanan, termasuk pengisian kuisioner oleh para pelanggan terkait layanan yang telah mereka terima selama ini.

Jika persentase kepuasan pelanggan masih sangat kurang, wajib bagi sebuah lembaga/perusahaan untuk mengubah dan meningkatkan kualitasnya melalui serangkaian kebijakan. Beberapa di antaranya adalah evaluasi SDM dan program pelatihan kepada para karyawan. Setiap individu yang terlibat langsung dengan komunikasi pada klien wajib meningkatkan kapasitas mereka.

Cara meningkatkan kapasitas dengan mengikuti program pelatihan diharapkan mampu memperbaiki segala kekurangan. Sementara itu, ada sejumlah prinsip dasar bagi setiap individu yang bertanggung jawab atas praktik pelayanan prima tersebut. Langkah-langkah di bawah ini adalah contoh sederhana bagaimana seharusnya seorang individu menjalankan tugasnya dalam konsep service excellent.

  1. Ramah dan Sopan. Dua hal ini mungkin bisa disimpulkan dalam sebuah tindakan, yaitu senyum. Saat bertemu klien, sapalah dengan senyuman hangat dan ramah. Senyuman itu tidak dibuat-buat dan mampu menciptakan atmosfir yang nyaman bagi klien yang disapa.
  2. Supel dan Tenang. Supel bukan berarti asal agresif dan sok kenal pada siapa saja yang ditemui. Justru yang terbaik adalah karakter yang supel namun selalu bisa membawa diri pada berbagai orang dengan karakter berbeda.
  3. Mampu Menyenangkan Orang Lain. Tujuannya jelas, yaitu untuk menciptakan kepuasan pada klien. Bukan hanya formalitas dan memberikan informasi yang kurang jelas. Praktik menyenangkan orang lain juga berarti mampu menciptakan situasi yang nyaman pada klien yang sedang dihadapi.
  4. Mampu Mengendalikan Diri. Hal ini akan sangat susah dijalani bagi individu yang kurang matang dalam hal pengendalian emosi. Seorang yang selalu berhadapan dengan banyak orang setiap harinya dituntut untuk tak mudah terpancing emosi dan berpotensi merugikan reputasi pihak penyedia layanan. Oleh karena itu, pembentukan dan pengasahan mental sangat penting.

Konsep service excellent akan benar-benar terwujud jika selalu berlandaskan pada pedoman-pedoman di atas. Seperti yang seharusnya dipahami dari pengertian service excellent.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>