Pengertian Pelayanan
23 October 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 617
Comments: 0

Pengertian Pelayanan

pengertian pelayanan merujuk pada aktivitas pemberian segala sesuatu yang dibutuhkan atau diminta klien dalam sebuah lembaga atau jasa. Tentunya, bentuk pelayanan yang dimaksud adalah semua yang diliputi oleh lembaga atau jasa terkait. Hal itu berarti ada spesifikasi atau kategorisasi tertentu yang telah dijamin dalam aturan dasar pelayanan kepada setiap klien yang membutuhkan.

Pengertian Pelayanan

Pengertian Pelayanan

Pelayanan di Era Modern

Mekanisme pelayanan selalu terkait pada kepentingan publik dan senantiasa berkembang dari masa ke masa. Dalam era modern, praktiknya pun harus disesuaikan pada faktor perubahan teknologi dan peningkatan kebutuhan masyarakat terkait dengan spesifikasi pelayanan tersebut. Jadi, ada banyak perbedaan dan perubahan yang lebih positif dalam hubungannya dengan praktik pelayanan.

Untuk mencapai optimalisasi pelayanan publik, sebuah lembaga atau pihak yang menyediakannya harus menjalankan berdasarkan asa efisiensi dan efektifitas. Percuma jika sebuah pihak yang memberikan pelayanan tidak mengembangkan diri searah dengan konteks perubahan yang sedang terjadi dalam masyarakat.

Asas Efisiensi dan Efektivitas

Asas efisiensi dalam konsep pelayanan mencakup berbagai poin penting dalam tujuannya membangun kerangka kerja yang lebih dinamis dan menghemat waktu. Manfaatnya akan sangat berpengaruh bagi pihak yang menyediakan pelayanan dan publik yang dihadapi. Semakin efisien bentuk pelayanan yang diberikan akan berkontribusi besar dalam wilayah kerja pihak pelayanan itu.

Sementara itu, asas efektivitas bertujuan mencari jawaban tentang tingkat keberhasilan sebuah pihak yang menyediakan pelayanan tersebut. Apakah benar-benar telah memenuhi kebutuhan publik, atau justru tak sesuai dengan harapan. Jawaban-jawabannya harus benar-benar dicari dan kemudian dipraktikkan dalam solusi-solusi yang lebih relevan dalam konteks standar pelayanan terbaru.

Dewasa ini, era keterbukaan informasi telah membuka jalur-jalur komunikasi bagi publik yang ingin mengeluhkan atau menanyakan berbagai hal terkait pelayanan publik. Sekiranya ada masalah atau hambatan, mereka bisa langsung mengajukan pertanyaan atau keluhan, baik secara langsung atau melalui jaringan media massa.

Situasi tersebut semakin memacu berbagai pihak pelayanan yang harus meningkatkan kapasitas dan kualitas mereka di mata masyarakat. Jalan satu-satunya ialah menjalankan serangkaian program pelatihan untuk pengembangan SDM, yang kemudian dibarengi dengan peningkatan kualitas infrastruktur.

Pengembangan SDM dan Infrastruktur

Pengembangan SDM dalam sebuah pihak yang menyediakan pelayanan publik diterapkan secara rutin melalui program-program pelatihan. Bertujuan untuk membangun sistem kerja yang lebih kondusif dan selalu mengutamakan service excellent. Maksudnya adalah mekanisme pelayanan yang sangat mengutamakan kepuasan klien dengan jaminan kualitas.

Konsep service excellent tak hanya dijalankan oleh perusahaan-perusahaan swasta karena sudah seharusnya diterapkan juga oleh lembaga-lembaga pemerintah. Tak hanya membangun reputasi positif, namun sekaligus menciptakan kualitas sebagus-bagusnya demi mencapai target jangka panjang.

Dengan memahami pengertian pelayanan dalam kerangka service excellent, setiap pihak diharapkan mampu memacu kinerjanya secara positif dan lebih dinamis.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>