Pengertian Pelayanan Publik
26 October 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 954
Comments: 1

Pengertian Pelayanan Publik

pengertian pelayanan publik dalam era modern mencakup berbagai target pemenuhan kualitas yang optimal. Hal itu hanya bisa dicapai jika masing-masing pihak dalam pihak terkait menerapkan target pencapaian kualitas yang diharapkan. Kalau tujuannya bisa terpenuhi, niscaya berbagai masalah yang terkait dengan ketidakpuasan layanan publik bisa diatasi.

pengertian pelayanan publik

pengertian pelayanan publik

Mengutamakan Kepuasan Publik

Yang kerap dipermasalahkan dalam pelayanan publik adalah ketidaksiapan dari sumber daya manusia yang berperan di dalamnya. Masalah lainnya adalah keterbatasan sarana atau infrastruktur yang seharusnya bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya demi melayani masyarakat. Persoalan-persoalan semacam itu cukup sering terjadi di lembaga pemerintah, bahkan sampai detik ini.

Padahal, aturan perundangan yang mengatur pelayanan publik sudah menjelaskan secara rinci mengenai apa saja yang seharusnya menjadi hak dari masyarakat. Ketika masyarakat berhubungan dengan pihak penyedia layanan tersebut, mereka seharusnya diperlakukan dalam kedudukan yang tepat.  Itulah pentingnya mengutamakan kepuasaan publik yang bertanggung jawab.

Target Pelayanan Publik

Target semacam apakah yang dikelola dalam praktik pelayanan publik? Pada dasarnya, semua mengarah pada kepuasan dalam menggunakan setiap fasilitas dan akses kepada bentuk-bentuk layanan yang dimaksud. Jika ada kendala yang menghambat proses pelayanan, maka wajib dituntaskan sedini mungkin. Hal itu untuk menghindari masalah yang berkembang di kemudian hari.

Bagaimanapun, bukan hanya pihak lembaga pemerintah saja yang wajib menerapkan itu. Konsep pelayanan publik pada dasarnya dimaksudkan untuk setiap pihak yang bersinggungan langsung dengan hajat hidup orang banyak. Jadi tidak hanya terbatas pada lembaga-lembaga tertentu. Menariknya, konsep layanan publik justru lebih sering diterapkan secara optimal di pihak swasta.

Perusahaan swasta sudah selayaknya menerapkan praktik pelayanan publik yang optimal demi kepentingan profit. Dalam kerangka service excellent, mereka selalu berupaya meningkatkan kualitas demi membangun reputasi positif. Terbukti dari semakin banyak perusahaan yang mengembangkan sayap-sayap mereka karena berhasil mendapatkan pengakuan positif dari masyarakat.

Pelatihan Profesional

Keberhasilan sebuah perusahaan swasta dalam membangun kinerja pelayanan publik yang positif tak lepas dari upaya mereka menyemaikan gagasan-gagasan ideal. Semuanya telah direncanakan dalam konsep yang masing-masing teruraikan dalam peran dan tanggung jawab individual dalam sebuah perusahaan.

Selain itu, program pelatihan profesional turut mendorong lahirnya individu-individu yang berprestasi dalam mendukung perusahaan mereka. Peran sekecil apapun akan dihargai oleh jajaran petinggi perusahaan dengan timbal balik upaya memberikan pelayanan sebaik-baiknya pada setiap klien. Program pelatihan profesional adalah solusi untuk konsep layanan publik ideal.

Mengatasi ketidakpercayaan publik akibat buruknya kinerja di masa lalu memang sangat sulit. Namun hal itu bisa dituntaskan dengan secara bertahap memperbaiki kualitas dan selalu membuka jalur-jalur interaksi yang positif. Pentingnya komunikasi dalam bisnis juga turut mempengaruhi pencapaian target yang dimaksud dengan tetap melaju dalam jalur visi dan misi perusahaan.

Comments

comments

One response on “Pengertian Pelayanan Publik

  1. […] excellent service akan lebih mudah jika dipahami sebagai bentuk pelayanan prima, yang prosesnya merupakan praktik […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>