Pengertian Pelayanan Prima
18 June 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 1,508
Comments: 0

Pengertian Pelayanan Prima

Pengertian pelanyan prima secara harfiah yaitu pelayanan terbaik atau pelayanan yang sangat baik. Bagi sebuah perusahaan baik yang bergerak dalam bidang barang atau jasa jelas pelayanan kepada para pelanggan menjadi komponen penting. Sehingga perusahaan yang dikelola dapat tetap bersaing secara sehat dalam dunia bisnis.

Pengertian Pelayanan Prima

Pengertian Pelayanan Prima

Pengertian Pelayanan Prima

Pelayanan prima termasuk dalam bagian kecil manajemen suatu perusahaan. Meskipun demikian, bila dikelola secara baik pastinya menjanjikan dampak yang cukup terasa terutama bagi perkembangan perusahaan. Karenanya sekali lagi pelayanan kepada pelanggan tidak bisa dianggap remeh.

Adapun secara lebih terperinci, bisa pula dijabarkan pengertian pelanyan prima sebagai berikut:

  • pelayanan terbaik yang diberikan oleh perusahaan kepada para pengguna jasa atau pelanggan
  • bisa disebut pelayanan terbaik bila memiliki standar pelayanan
  • pelanggan yang dimaksud tidak lain adalah masyarakat yang dalam arti luas mencakup masyarakat internal dan juga eksternal

Pelayanan kepada pelanggan baik barang atau jasa berlangsung melalui tahapan, prosedur, persyaratan, waktu, dan pembiayaan. Terkait pembiayaan mesti dilakukan secara transparan guna didapati kepuasan seperti halnya visi dan misi yang sudah ditetapkan dalam suatu perusahaan.

Apa Itu Standar Pelayanan?

Standar pelayanan adalah patokan yang sudah ditetapkan sebagai suatu pembakuan pelayanan prima. Standar pelayanan mencakup baku kualitas pelayanan. Kualitas itu sendiri bisa diartikan sebgai kondsi dinamis yang berkaitan dengan produk, jasa, SDM, proses, dan lingkungan yang sesuai atau malah melebihi harapan.

Bila suatu perusahaan belum mempunyai standar pelayanan, maka pelayanan yang diberikan sudah bisa disebut prima bila memang sudah dapat memuaskan pelanggan atau sesuai estimasi pelanggan. Perusahaan yang belum mempunyai standar pelayanan mesti menyusun standar sesuai dengan fungsi dan tugasnya. Tujuannya agar tingkat keprimaan pelayanan bisa diukur.

Proses Pelayanan Menghasilkan Produk

Pelayanan adalah proses. Dari proses tersebut akan didapati produk yakni pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Dalam hal ini pelayanan bisa dikategorikan menjadi beberapa kelompok, diantaranya;

  • Core Service

Core service merupakan pelayanan bagi pelanggan sebagai produk utama. Contohnya perusahaan maskapai penerbangan yang menawarkan penerbangan domestik dan luar negeri atau suatu hotel yang menyediakan kamar.

  • Facilitating Service

Facilitating service adalah pelayanan dengan fasilitas tambahan bagi pelanggan. Contohnya pelayanan check in untuk pelayanan penerbangan. Bagi beberapa perusahaan facilitating service bahkan menjadi pelayanan tambahan wajib ada.

  • Supporting Service

Supporting service merupakan pelayanan tambahan yang ditujukan agar memberi nilai tambahan pada pelayanan. Selain itu, bisa pula ditujukan untuk pembeda dari pelayanan perusahaan pesaing. Contohnya adanya pelayanan sport center pada suatu hotel.

Pastinya dengan adanya pelayanan prima akan membuahkan kepuasan kepada para pelanggan. Sehingga pelanggan dengan senantiasa terus menggunakan barang dan jasa yang ditawarkan. Inilah mengapa memahami pengertian pelanyan prima dirasa cukup penting guna mendukung perkembangan perusahaan yang dijalankan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>