Pengertian Pelayanan Prima
24 October 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 723
Comments: 2

Pengertian Pelayanan Prima

pengertian pelayanan prima dimaksudkan sebagai tujuan menciptakan hubungan positif antara pihak penyedia jasa dengan para klien. Hubungan tersebut dijalankankan dalam rangkaian praktik penyelenggaraan optimal dari pihak yang menyediakan jasa pelayanan dan meminimalisir setiap risiko kesalahan yang merugikan klien. Hal tersebut juga telah diatur dalam peraturan perundangan.

pengertian pelayanan prima

pengertian pelayanan prima

Konsep Service Excellent

Setiap hal yang dijalankan oleh pihak penyedia pelayanan harus didasarkan pada prinsip service excellent. Konsep ini diuraikan dalam sejumlah poin penting yang nantinya dijadikan landasan praktik sebuah pihak yang menyediakan pelayanan. Melalui mekanisme service excellent, tujuan pelayanan prima pun bisa dicapai semaksimal mungkin.

Yang sering menjadi acuan dalam pengembangan konsep pelayanan prima adalah praktiknya di berbagai lembaga publik. Pemerintah diharapkan mampu menyediakan dan mengelola berbagai lembaga publik yang menjamin kenyamanan pelayanan bagi masyarakat. Lingkupnya dibatasi pada setiap kategori lembaga terkait, misalnya di bidang kesehatan, pendidikan, dan sebagainya.

Program Pelatihan

Upaya untuk merealisasikan konsep pelayanan prima diterapkan melalui program-program pelatihan bagi sumber daya manusia yang terlibat dalam lembaga terkait. Mereka akan dilatih dengan tetap menyesuaikan pada kapasitas masing-masing demi mencapai tujuan pelayanan prima. Sekiranya ada hambatan intrapersonal atau semacamnya, program pelatihan akan memperbaikinya.

Rentang waktu program pelatihan juga tergantung dari kebutuhan pihak yang menyelenggarakannya. Bisa dalam waktu yang cukup singkat, namun lebih sering membutuhkan alokasi waktu yang lebih panjang. Tergantung dari kemampuan menyesuaikan diri dalam konteks pemahaman program pelatihan demi mencapai tujuan pelayanan prima.

Komunikasi Dua Arah

Salah satu pokok penting dalam program peningkatan SDM dalam konteks pelayanan prima ialah membuka jalur komunikasi dua arah. Seringkali individu tak mampu menjalankan perannya dengan baik karena ada sejumlah keterbatasan atau hambatan. Setiap orang butuh cara penyesuaian yang berbeda sehingga bisa bekerja dalam arah gerak yang diharapkan oleh lembaga terkait.

Model komunikasi dua arah juga semakin sering dipraktikkan dalam berbagai perusahaan swasta dalam kaitannya untuk membangun sistem kerja yang lebih efektif dan efisien. Manfaatnya sangat terasa dalam beragam upaya mencapai target perusahaan dengan mekanisme yang sangat membantu peningkatan kualitas individu.

Prinsip Peningkatan Kualitas Pelayanan

Peningkatan kualitas pelayanan juga wajib mempertimbangkan sejumlah faktor terkait konteks masyarakat. Bagaimanapun, yang sedang dihadapi adalah masyarakat dengan segala problematikanya, termasuk bagaimana mereka menyikapi perubahan jaman di era yang lebih maju. Oleh karena itu, setiap lembaga pelayanan publik wajib meningkatkan kualitasnya.

Berbagai prinsip yang harus selalu dijadikan landasan praktik terangkum dalam mekanisme kerja yang selalu membuka kesempatan untuk berkomunikasi bagi para klien. Tak hanya terbatas pada ruang-ruang konvensional, melainkan bisa ditempuh melalui saluran-saluran komunikasi terbaru. Cara-cara semacam itu akan membantu mencapai tujuan service excellent.

Comments

comments

2 responses on “Pengertian Pelayanan Prima

  1. […] pengertian pelayanan publik dalam era modern mencakup berbagai target pemenuhan kualitas yang optimal. Hal itu hanya bisa dicapai jika masing-masing pihak dalam pihak terkait menerapkan target pencapaian kualitas yang diharapkan. Kalau tujuannya bisa terpenuhi, niscaya berbagai masalah yang terkait dengan ketidakpuasan layanan publik bisa diatasi. […]

  2. […] lagi jika pihak yang bersangkutan mengadakan program pelatihan intensif demi mewujudkan gagasan pelayanan prima. Dalam tujuannya untuk mencapai konsep pelayanan prima, ada banyak kebutuhan yang wajib dipenuhi […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>