Pengertian Pelayanan Prima
25 June 2015
Category:
Blog
Service Excellence
Training Views: 802
Comments: 0

Pengertian Pelayanan Prima

Kemajuan dan perkembangan dari suatu perusahaan tentu saja sangat diinginkan oleh para pemilik perusahaan, namun untuk bisa mendapatkan semua hal tersebut tentu saja membutuhkan beberapa hal yang harus dilakukan, salah satunya adalah dengan memperhatikan setiap karyawannya. Tidak dapat dipungkiri memang jika karyawan sangat berperan penting dalam memajukan dan mengembangkan perusahaan. Melalui kerja keras dari para karyawan dalam menangani dan juga melayani para konsumen tentu saja sangat berpengaruh terhadap kesuksesan perusahaan. Oleh karena itu perusahaan juga perlu memberikan pelatihan pelayanan prima kepada para karyawan agar karyawan tersebut mampu untuk mengerti dan memahami setiap materi yang diberikan. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian pelayanan prima sampai dengan manfaat dari pelayanan prima itu sendiri. Pelayanan prima sendiri adalah pelayanan yang mana diberikan kepada konsumen secara baik dan juga maksimal, baik itu dalam menjelaskan setiap produk maupun jasanya, selain itu perlakuan kepada konsumen juga harus baik sehingga konsumen nantinya dapat merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Dengan demikian tentu saja konsumen akan merasakan puas dan juga akan kembali ke perusahaan tersebut.

Pengertian Pelayanan Prima

Pengertian Pelayanan Prima

Standar Dan Proses Pelayanan Prima

Di dalam melayani setiap konsumen tentu saja perusahaan harus memiliki standar pelayanan, standar pelayanan sendiri adalah ukuran atau standar yang sudah ditetapkan oleh perusahaan bagaimana cara memperlakukan dan juga melayani para konsumen. Biasanya perusahaan yang menerapkan standar pelayanan merupakan perusahaan yang sudah berkualitas dan juga prima. Selain pengertian pelayanan prima dan juga standar pelayanan, para karyawan juga perlu untuk mengerti bagaimana proses pelayanannya. Untuk pelayanan prima sendiri dibedakan menjadi 3 jenis yaitu sebagai berikut:

  1. Core service yang mana pelayanan menjadi produk yang utama, misalnya saja hotel, penyedia jasa penerbangan dan yang lainnya.

  2. Kemudian facilitating service yang mana memberikan fasilitas pelayanan tambahan yang diberikan oleh para konsumen.

  3. Dan yang ketiga adalah supporting service yang mana pelayanan tambahan yang bertujuan untuk meningkatkan nilai pelayanan seperti restaurant dan juga hotel.

Tujuan Dan Manfaat Pelayanan Prima

Itulah pengertian pelayanan prima dan juga proses pelayanannya, selain itu tujuan dan juga manfaat dari pelayanan prima juga perlu untuk diketahui oleh para karyawan. Adapun tujuan dari pelayanan prima sendiri adalah untuk memberikan pelayanan yang mana dapat memenuhi semua kebutuhan konsumen dan juga memberikan fokus pelayanan tersebut kepada konsumen. Untuk pelayanan dalam sektor bisnis sendiri berorientasi pada profit, namun untuk pelayanan prima nantinya akan pada sektor public dan tujuannya sendiri adalah untuk memenuhi semua kebutuhan dari konsumen dengan baik dan juga yang terbaik. Dengan memperhatikan pelayanan prima tersebut tentu saja suatu perusahaan akan dapat maju dan berkembang dengan baik.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>