Pengembangan SDM
16 October 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 584
Comments: 1

Pengembangan SDM

pengembangan sdm dalam praktik bisnis wajib diterapkan dalam program-program pelatihan. Namun pihak yang berkepentingan seharusnya bisa memilih rangkaian pelatihan yang betul-betul menjamin konsep kerja yang nyata dan bermanfaat ketika sudah diterapkan dalam praktik bisnis. Sebuah perusahaan berarti wajib mengembangkan program pelatihan yang sangat bermanfaat.

Pengembangan SDM

Pengembangan SDM

Program Pengembangan SDM dalam Perusahaan

Bagaimanakah program pelatihan dan pengembangan SDM dalam perusahaan itu seharusnya diterapkan? Semuanya akan diawali dari proses penggalian dan pengembangan potensi dari masing-masing karyawannya. Strateginya bisa diuraikan dalam beberapa pokok di bawah ini:

Saluran Ide dan Gagasan

Kalau perusahaan ingin lebih maju dan berkembang, konsekuensinya ialah membuka saluran ide/gagasan seluas-luasnya. Mereka harus diberi kesempatan untuk memaparkan ide-ide atau beragam gagasan yang sekiranya mampu diartikulasikan pada proses pengembangan perusahaan. Cara ini juga akan memupuskan sekat-sekat kaku antara pihak perusahaan dan para karyawannya.

Bentuk penghargaan

Hargailah segala hasil positif yang diciptakan oleh setiap karyawan sekecil apa pun. Tujuannya untuk membangun movitasi yang lebih kuat bagi mereka untuk selalu meningkatkan kapasitas demi perusahaan. Cara ini juga akan membangun movitasi dan inspirasi positif bagi para karyawan lain sehingga sistem gerak perusahaan pun akan berjalan lebih dinamis.

Sistem Rekrutmen

Ciptakan sistem rekrutmen yang transparan dan adil. Hal ini untuk menghindari kesan-kesan negatif akibat kebijakan-kebijakan perusahaan dalam menerima karyawan baru. Dengan mencegah kecemburuan di antara para karyawan, perusahaan akan berhasil menciptakan atmosfir bisnis yang nyaman.

Perombakan Sistem Manajerial

Jika sebuah sistem dianggap tak efektif dan justru lebih kerap merugikan, maka rombaklah sesegera mungkin. Namun bukan dengan asal mengubahnya tanpa pertimbangan dan prioritas tertentu. Hal ini hanya bisa ditempuh melalui pokok pertama dari strategi pengembangan SDM. Yaitu dengan selalu mendengarkan aspirasi dari para karyawan terkait dengan mekanisme bisnis yang berlangsung.

Konteks Pengembangan SDM Perusahaan

Praktik pengembangan SDM dalam sebuah perusahaan juga wajib diadaptasikan pada konteks yang berlangsung. Contoh paling gamblang ialah upaya menyesuaikannya dengan era kontemporer yang nyaris tak bisa dilepaskan dari aktivitas di dunia teknologi informasi. Tak sulit untuk mencapai target pengembangan SDM asalkan sebuah perusahaan mampu menerapkan program pelatihan efektif.

Setiap perusahaan pasti punya visi dan misi yang dijadikan pedoman-pedoman dasar selama mempraktikkan strategi mereka. Pertumbuhan ekonomi yang sedang berlangsung harus diimbangi melalui peningkatan kualitas tanpa melanggar visi dan misi yang dipegang. Nah, dengan mengoptimalkan SDM, tujuan tersebut bisa dicapai secara mudah.

Pengembangan SDM dalam sebuah perusahaan pada dasarnya merupakan elemen penting dari kerangka service excelence. Tujuan utamanya ialah membangun sistem bisnis yang betul-betul memberikan pelayanan maksimal kepada para konsumen, termasuk melalui peningkatan kualitas karyawan dalam sebuah perusahaan.

Comments

comments

One response on “Pengembangan SDM

  1. […] pelatihan dan pengembangan sdm terdiri dari poin-poin penting yang wajib dipahami dan diterapkan sesuai kemampuan masing-masing karyawan. Jika masing-masing karyawan mampu mengembangkan potensi dan kapasitas mereka di posisinya, target-target perusahaan pun akan bisa tercapai. Poin-poin tersebut bisa dipelajari dan dipahami berdasarkan kemampuan praktik. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>