Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Penerbangan
12 December 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 709
Comments: 0

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Penerbangan

Semakin banyaknya jasa penerbangan, membuat pengaruh kualitas pelayanan terhadap konsumen semakin diperhitungkan. Berbagai bentuk pelayanan seperti memangkas harga tiket hingga memberikan kemudahan selama terbang diberikan pihak maskapai. Semua metode pelayanan ini diberikan untuk mendapatkan kepuasan konsumen.

Dilihat dari produk yang ditawarkan, maskapai penerbangan bukanlah menawarkan barang melainkan jasa. Berbeda dengan barang, produk jasa tidak dapat diraba dan tidak dapat dilihat. Penilaian kepuasan pelanggan pada produk jasa tentunya dilakukan setelah pelanggan merasakan pelayan yang diberikan pihak penyedia jasa.

pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen

pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen

Pelayan terbaik tidak hanya mengenai harga jasa yang murah. Melainkan juga berbagai kemudahan yang didapatkan setelah memakai jasa penerbangan ini. Sehingga pelanggan merasa puas saat mendapatkan harga yang murah sekaligus berbagai keuntungan saat menggunakan maskapai tertentu. Karena itu kualitas pelayanan hanya dapat dinilai dari:

Tangibles atau bukti langsung

Perusahaan maskapai penerbangan harus memiliki kemampuan untuk menunjukkan eksistensinya kepada pihak luar dalam hal ini pelanggan. Penampilan, lingkungan hingga semua sarana dan prasarana yang dimilikinya harus ditunjukkan sebagai sarana untuk memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan.

Reliability atau handal

Kehandalan perusahaan maskapai penerbangan dilihat dari bagaimana mereka memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan segera dan akurat. Sehingga setiap pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Kehandalan ini tidak hanya berkaitan dengan ketepatan waktu pelayanan yang diberikan tapi juga mengenai sikap simpatik selama melayani hingga akurasi yang tinggi selama pelayanan diberikan.

Responsiveness atau tanggap

Setiap maskapai penerbangan haruslah mampu memberikan pelayanan yang cepat dan juga tanggap. Jaminan ketepatan adalah sebuah keharusan selama melakukan pelayanan. Setiap pelanggan harus mendapatkan informasi yang jelas dan secepat mungkin sehingga tidak muncul kesalahpahaman hingga pandangan buruk dari pelanggan.

Assurance atau jaminan

Perusahaan penerbangan mampu memberikan jaminan kepada pelanggan mengenai pengetahuan, sopan santun hingga kemampuan karyawan maskapai dalam memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan. Sehingga rasa percaya bisa tumbuh pada setiap pelanggan yang menggunakan jasa penerbangan.

Empati

Empati adalah suatu bentuk perhatian yang diberikan oleh perusahaan baik secara global maupun individu setiap karyawan kepada pelanggan. Perusahaan dan karyawan harus memiliki pengetahuan mengenai pelanggan mereka sehingga sangat memahami keinginan pelanggan. Hal ini akan membuat pelanggan merasa lebih nyaman setiap kali menggunakan jasa penerbangan.

Kepuasan pelanggan sama artinya dengan membuat pelanggan merasa cukup terbantu atau dimudahkan dengan yang ada pada produk dalam hal ini jasa penerbangan. Cukup atau tidaknya jasa maskapai penerbangan dalam sudut pandang konsumen, bukti langsung, kehandalan, cepat tanggap, jaminan hingga empati harus dilakukan perusahaan.

Memberikan kepuasan pada pelanggan memang tidak mudah. Untuk membuktikan langsung, menjadi handal, cepat tanggap, memberikan jaminan dan empati secara maksimal, Anda dapat menghubungi 0817084484008197594525. Beberapa klien besar seperti PT HM Sampoerna, Takaful, Carefour, Bank Permata hingga Axa dan Alfamart telah membuktikan cara dan tips pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>