Penerapan Service Excellence Di Rumah Sakit Demi Kenyamanan Pasien
23 February 2017
Category:
Blog
Service Excellence Views: 244
Comments: 0

Penerapan Service Excellence Di Rumah Sakit Demi Kenyamanan Pasien

Dalam sebuah pelayanan kesehatan, kenyamanan dan keamanan pasien adalah kunci utama. Pasalnya dalam bidang kesehatan, pasien adalah raja yang harus kita perlakukan dengan baik. Maka dari itu dalam service excellence di rumah sakit ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu sebagai berikut :

Memberikan penjelasan yang jelas melalui petunjuk atau papan informasi untuk memudahkan pasien yang datang kerumah sakit mengerti dan memahami tentang pelayanan di rumah sakit sesuai kepentingannya seperti menyangkut prosedur atau cara pelayanan rumah sakit, proses pendaftaran rumah sakit, proses pemeriksaan, biaya atau tarif pelayanan, serta jadwal dan waktu pelayanan.

Improving-Patient-Satisfaction-in-HealthcareSetiap aturan tentang prosedur / tata cara / petunjuk seperti yang tersebut diatas harus dilaksanakan secara tepat, konsisten, konsekuen sesuai dengan peraturan perundang – undangan yang berlaku.

Semua informasi ini harus berdasarkan untuk kepentingan pelayanan tanpa membebani masyarakat penerima pelayanan.

Sediakan loket informasi atau kotak saran bagi masyarakat penerima pelayanan yang mudah. Lakukan pengawasan terhadap Saran yang masuk dan lakukan evaluasi, kalau perlu berikan tanggapan sebagai upaya perbaikan dan peningkatan mutu pelayanan kesehatan.

Service Excellence di rumah sakit terkait Penanganan kesehatan haruslah dilakukan oleh orang orang yang berkompeten yang professional dalam melakukan tugasnya. Pastikan semua service excellence di rumah sakit mempertimbangkan efisiensi dan efektivitas dalam penanganannya.

Biaya atau tarif pelayanan kesehatan harus ditetapkan dengan wajar dengan mempertimbangkan kemampuan masyarakat penerima pelayanan. Berikan prosedur pembayaran yang mudah tanpa adanya pungutan biaya yang akan menimbulkan biaya tinggi sebab hal ini akan menyulitkan ekonomi masyarakat pelayanan kesehatan. Lakukan Pengendalian dan pengawasan pelaksanaan pelayanan dengan cermat agar tidak ada kecurangan dari instansi lain.

healthcare_jobsDalam service excellence di rumah sakit yang terbaik pastikan Pemberian pelayanan dilakukan dengan tertib dan adil tanpa membedakan status sosial masyarakat.

Kebersihan pada fasilitas pelayanan kesehatan haruslah selalu dijamin secara rutin agar keamanan dan kenyaman pasien sangatlah terjamin.

Service excellence di rumah sakit yang terbaik dan terpenting yaitu sikap ramah dan sopan sebagai upaya meningkatkan kinerja pelayanan yang optimal.

Penerapan Service Excellence Di Rumah Sakit Demi Kenyamanan Pasien, ikuti langkah langkahnya dibawah ini :

  • Memberikan sapaan dan salam kepada pasien.
  • Sigap dan cepat dalam merespon keluhan dan kebutuhan pasien
  • Memberikan sikap yang Ramah dan senyum manis kepada pasien.
  • Bertindak Cepat dan tepat waktu dalam menberikan pelayanan.
  • Sabar dan aktif dalam menanggapi dan mendengarkan keluhan pasien.
  • Berpenampilan yang rapi dan baik untuk menyenangkan pandangan pasien.
  • Berikan pelayanan sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.
  • Jangan lupa ucapkan terima kasih.
  • Perlakukan pasien seperti kerabat dan sama rata tanpa membedakan status derajat masing masing orang.

Beberapa sikap yang harus dimiliki dalam menunjang service excellence di rumah sakit, antara lain :

downloadSelf Esteem, Sebuah tindakan Penghargaan terhadap diri sendiri. Dimana mereka yang pandai menghargai diri sendiri maka merekapun akan pandai menghargai orang lain (pasien) dengan baik.

Exceed Expectations, pemberian pelayanan yang melebihi harapan pelanggan tanpa berlebihan sesuai standart dan dilakukan secara konsisten.

Ricovery, tindakan bersabar dalam mendengarkan keluhan pelanggan. Yang mana keluhan pelanggan bukan sebagai beban masalah tapi mendengarkan lalu bertindak cepat seperti kumpulkan data dan melakukan tindakan sesuai standarnya.

Vision, Pelayanan yang prima sangat berkaitan erat dengan visi organisasi.

Improve, Tindakan meningkatkan mutu pelayanan secara continue dan konsisten dalam memberikan kepuasan kepada pasien.

GettyImages-493216537-56a3aa635f9b58b7d0d31ac5Care, tindakan kepedulian terhadap pelanggan dengan baik dan tulus dalam Memenuhi kebutuhan pelanggan.

Empower, Membimbing karyawan supaya dapat bertanggung jawab dalam mengatasi persoalan guna meningkatkan pelayanan yang bermutu.

Para Pelayan Rumah Sakit seharusnya sudah memahami betul bagaimana cara memuaskan pelanggan.

Tapi cara tersebut memang tidak mudah dilakukan apalagi  untuk merebut hati pelanggan tentunya diperlukan pengembangan beberapa jenis pelayanan yang lebih menarik agar diperoleh hasil yang optimal

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>