pelayanan prima pdf
21 June 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 1,199
Comments: 1

Pelayanan Prima PDF

pelayanan prima pdf akan membantu Anda dalam memahami seluk beluk praktik profesional di bidang bisnis. Dengan mempelajari modul perihal pelayanan prima, setiap pihak yang terlibat dalam praktik usaha tersebut akan semakin fasih dan mantap di dalam mengembangkan kapasitasnya di pos terkait.

Pelayanan Prima PDF

Pelayanan Prima PDF

Pentingnya Pelayanan Prima

Dunia perbankan selalu menekankan pentingnya pelayanan prima kepada para nasabahnya. Selain karena alasan praktik keseharian yang cenderung melakukan tata muka dengan para nasabah, jaminan keamanan dan kenyamanan wajib diprioritaskan. Dan salah satu caranya ialah dengan menciptakan pelayanan prima dan menyeluruh.

Apakah ada aturan khusus yang menjelaskan mekanisme dan pengelolaan praktik pelayanan prima? Pemerintah mengeluarkan kebijakan resmi dalam aturan perundangan, khususnya bagi lembaga-lembaga yang berwenang menyediakan pelayanan publik. Namun sebelumnya, praktik pelayanan prima sudah dikembangkan oleh banyak perusahaan dan lebih bergantung pada faktor kreativitas.

Sampai saat ini, ada sejumlah versi mengenai prinsip pelayanan prima yang bisa diterapkan oleh setiap perusahaan. Dua contoh yang paling sering dikemukakan adalah prinsip A3 dan A6.

A3 adalah:

  • Attitude (Sikap)
  • Attention (Perhatian)
  • Action (Tindakan)

A6 adalah:

  • Ability (Kemampuan)
  • Attitude (Sikap)
  • Appearance (Penampilan)
  • Attention (Perhatian)
  • Action (Tindakan)
  • Accountabiliy (Tanggung Jawab)

Kualitas Pelayanan

Harus dipahami bahwa praktik pelayanan prima tidak cuma ditujukan bagi nasabah, namun juga di lingkungan internal perusahaan. Oleh karena itu, pelayanan prima sebenarnya terdiri dari dua macam kualitas, yaitu pelayanan internal dan eksternal.

  1. Pelayanan Internal

Pelayanan internal ditekankan pada pola manajemen umum organisasi/perusahaan. Jika karyawan kurang atau tidak merasa nyaman selama bekerja dalam perusahaan tersebut, dipastikan bahwa kinerjanya akan kurang maksimal dan berpengaruh buruk pada mutu secara umum.

Demi menghindari risiko semacam itu, manajemen perusahan harus diterapkan secara maksimal dengan memahami setiap kebutuhan dari para karyawan. Jaminan kepuasan dari setiap karyawan akan menciptakan situasi kerja yang lebih kondusif dan mampu memberikan timbal balik positif bagi perusahaan.

  1. Pelayanan Eksternal

Hal ini menekankan pada pola pelayanan dengan berlandaskan pada prinsip-prinsip pelayanan prima yang telah disebutkan di atas. Tidak sulit bagi sebuah perusahaan untuk menciptakan situasi terbaik ketika sedang melayani para klien/nasabah. Berkat kemajuan teknologi dan informasi, segala kebutuhan pun bisa terakomodasi dengan baik.

Meningkatnya kebutuhan dari para klien/nasabah juga harus selalu dipertimbangkan sebaik-baiknya demi menghindari penurunan kualitas. Satu hal yang perlu dipahami ialah bahwa pelayanan prima berbeda dengan kepedulian pada klien. Kepedulian yang dimaksud merupakan bagian penting dari pelayanan prima, dengan sejumlah prinsip yang wajib dipahami sebaik-baiknya.

Nah, demikianlah sedikit penjelasan mengenai konsep pelayanan prima dengan sejumlah prinsip dan standar kualitas pelayanan. Silakan mempelajarinya demi menciptakan karakter positif dalam penerapan komunikasi bisnis dari pelayanan prima pdf.

Comments

comments

One response on “Pelayanan Prima PDF

  1. […] semacam apakah yang harus dijadikan acuan selama menyelenggarakan praktik pelayanan publik itu? Ada enam hal penting sesuai pada pengertian pengertian dan aturan standar yang diwajibkan. Enam […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>