pelayanan prima di rumah sakit
4 November 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 812
Comments: 0

Pelayanan Prima Di Rumah Sakit

pelayanan prima di rumah sakit mengedepankan gagasan yang dibentuk antara tujuan utama kesembuhan pasien dan kenyamanan di seluruh lingkup instansi tersebut. Jadi, bukan hanya dengan meningkatkan kualitas peralatan dan teknik operasional, namun sekaligus juga membentuk definisi dari prosedur pelayanan terpadu. Lebih jelasnya bisa kita uraikan pada beberapa hal di bawah ini.

Pelayanan Prima Di Rumah Sakit

Pelayanan Prima Di Rumah Sakit

Fasilitas dan Operasional

Kelengkapan fasilitas di rumah sakit tentu saja merupakan kewajiban yang tak bisa diabaikan. Kebutuhan ini meliputi berbagai ruang dan perlengkapan terbaru untuk praktik medis. Sementara itu, kemampuan operasional dari masing-masing individu yang berperan di dalamnya akan sangat dibutuhkan untuk membangun konsep kerja profesional.

Namun, sejauh apakah kecanggihan fasilitas dalam sebuah rumah sakit mampu memberikan pelayanan terbaik? Yang kerap dijumpai adalah suasana dalam lingkungan rumah sakit yang cenderung kaku dan membatasi hubungan antara para pasien, keluarga, dan para tenaga medis di sana. Penyebabnya adalah kuranynya pembangunan karakter lingkaran internal di rumah sakit.

Menjalin Kedekatan dan Hubungan Positif

Kalau sudah didukung oleh fasilitas terbaik dan terkini, layanan rumah sakit wajib ditunjang oleh kemampuan dari masing-masing elemen internal di dalamnya. Urusannya untuk menciptakan sistem pelayanan optimal. Mulai dari dokter hingga para perawat, semuanya harus mampu menjalin kedekatan dan hubungan positif, baik sesama internal dan hubungannya ke luar.

Hal-hal yang sering dianggap sepele justru akan membantu menciptakan skema kerja ideal dalam rumah sakit. Misalnya dari pelayanan yang sangat ramah, tulus, dan tidak terkesan dibuat-buat. Gaya-gaya semacam itu memang selalu diajarkan dalam program pelatihan karyawan. Namun sangat jarang yang bisa melakukannya secara tepat dan alami.

Oleh sebab itu, sistem kerjanya harus dibenahi dengan menjalankan program pelatihan yang betul-betul efektif. Wilayahnya akan lebih spesifik dan terencana, termasuk pada beragam rincian yang kerap diabaikan. Itulah yang akan dijalankan dalam program pelatihan layanan prima demi membangun konsep excellent service dalam rumah sakit.

Evaluasi dan Peningkatan Kualitas

Kita tahu bahwa “baik” saja tidak akan pernah cukup. Yang harus dicapai adalah “terbaik” dan “sebaik-baiknya”. Bagaimana mungkin bisa mewujudkan itu dalam waktu singkat? Program pelatihan intensif akan membina dan mengasah mental dari setiap elemen dalam rumah sakit dengan tujuan yang sangat positif.

Korelasi antara pembinaan karakter dan kualitas layanan prima akan terbukti seiring dengan berjalannya waktu. Tidak akan ada lagi masalah yang dikeluhkan oleh para pasien atau keluarga pendamping selama berada di rumah sakit. Bahkan, bisa dibilang bahwa mereka merasa sangat nyaman seperti halnya menjalankan perawatan di rumah.

Evaluasi akan menjadi titik penting dari bagaimana cara meningkatkan pelayanan kualitas di rumah sakit. Praktiknya akan semakin efisien dan konkrit, begitu pula dengan skemanya di masa depan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>