Pelayanan Prima Berdasarkan Sikap
19 June 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 1,503
Comments: 0

Pelayanan Prima Berdasarkan Sikap

Pelayanan prima berdasarkan sikap merupakan bentuk pemberian pelayanan yang berfokus pada sikap tenaga pelayanan. Adapun pelayanan prima yang didasarkan pada sikap ini mencakup pelayanan dengan penampilan serasi, pikiran positif, dan juga sikap menghargai pelanggan.

Pelayanan Prima Berdasarkan Sikap

Pelayanan Prima Berdasarkan Sikap

Pelayanan Prima Berdasarkan Sikap

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, setidaknya terdapat 3 cakupan dalam pelayanan prima yang didasarkan pada sikap. Adapun ulasan lebih lanjut tentang ketiganya diberikan sebagai berikut:

Pelanyanan Dengan Penampilan Serasi

Dengan penampilan serasi, maka penampilan seseorang bisa terlihat menarik, disegani, dipercaya, dan dihormati. Sebaliknya seseorang dengan penampilan yang seronok, tidak serasi, dan tidak menarik dapat menghadirkan kesan yang cenderung negatif. Inilah mengapa mempelajari pelayanan prima berdasarkan sikap dirasa penting.

Agar bisa dikatakan berpenampilan serasi ada beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi, diantaranya:

  • corak, model, dan warna pakaian yang digunakan serasi dengan warna kulit     pemakai
  • model pakaian sesuai dengan umur pemakai
  • pemilihan pakaian yang tepat sesuai waktu pemakaian
  • berpakaian sesuai dengan tempat , acara, dan kondisi cuaca
  • kombinasi pakaian secara keseluruhan tanpak serasi

Disadari atau tidak kepribadian seseorang pun bisa dinilai secara langsung dari cara berpenampilan. Faktanya seseorang yang berkepribadian baik cenderung peduli dengan penampilan serasi.

Pelayanan Dengan Pikiran Positif

Dengan selalu berpikiran positif, permasalahan bisa diatasi secara bijaksana. Tidak beda halnya dengan melayani pelanggan. Setiap pedagang atau penjual mesti mampu memberikan pelayanan dengan pikian positif guna membangun hubungan interpersonal yang baik dan saling menguntungkan.

Pelayanan dengan pikiran positif terdiri dari:

  • melayani dengan terhormat
  • melayani dengan menghindari sikap apriori atau acuh tak acuh
  • menghindari cari tahu ataupun memanfaatkan kelemahan dari pelanggan

Pelayanan Dengan Sikap Menghargai

Setiap perusahaan mesti menyadari bahwa setiap pelanggan ingin dihargai. Karenanya perusahaan sudah semestinya memberikan pelayanan dengan sikap menghargai. Sebenarnya antara pelanggan dan pihak perusahaan hendaknya bisa saling menghargai dan menghomati,

Sikap saling menghargai bisa terlihat dari tutur kata yang baik, ekpresi wajah sopan, sikap ramah, dan bersahabat. Beberapa prinsip yang mesti diperhatikan peusahaan dalam melayani pelanggan dengan sikap menghargai diantaranya yaitu:

  • menyapa dan melayani pelanggan dengan tutur bahasa baik
  • mendengar setiap permintaan pelanggan
  • menciptakan suasana menyenangkan
  • memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dengan sikap bijaksana tidak     membedakan status sosial atau latar belakang
  • melayani dengan sikap sabar tidak mudah marah

Perusahaan yang dapat memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan tentu dapat bertahan dan berkembang. Pasalnya setiap pelanggan mengutamakan perusahaan yang mampu memberikan pelayanan terbaik salah satunya dari kategori sikap. Karena inilah dirasa penting memahami pelayanan prima berdasarkan sikap.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>