Pelayanan Prima Adalah
19 June 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 810
Comments: 1

Pelayanan Prima Adalah

Pelayanan prima adalah bentuk layanan terbaik yang pastinya dicari para pelanggan. Sebagian besar pelanggan pun menilai kinerja suatu perusahaan atau organisasi dari pelayanan yang diberikan. Inilah mengapa tidak dapat dipungkiri pelanggan termasuk salah satu komponen penting dalam kelangsungan perusahaan.

Pelayanan Prima Adalah

Pelayanan Prima Adalah

Pelayanan Prima Adalah

Setiap perusahaan baik yang bergerak dalam bidang barang atau jasa, dalam memberikan pelayanan membutuhkan rasa peduli kepada pelanggan. Selain itu, mesti mampu memberi kepuasan dalam pola pelayanan terbaik atau yang lebih populer disebut Service Excellence.

Pada hakikatnya, pelayanan prima itu sendiri bertumpu pada upaya pihak perusahaan memberi layanan sebaik-baiknya sebagai bentuk kepedulian dan upaya memahami kepentingan pelanggan. Dengan demikian para pelanggan bisa merasa puas. Karena inti pelayanan prima adalah pelanggan mendapat kepuasan.

Dalam pengertian sehari-hari, pelanggan adalah mereka yang aktivitasnya membeli dan menggunakan produk secara kontinu. Karenanya pelanggan menjadi seseorang yang berbubungan secara langsung atau tidak dengan perusahaan. Sementara pihak lain yang memiliki hubungan dan melakukan negoisasi dengan perusahaan sebelum tahap dihasilkannya produk disebut pemasok.

Kualitas Pelayanan

Di dalam pelayanan prima ada 2 elemen yang saling berkaitan satu sama lain, yakni kualitas dan pelayanan. Tenaga pelayanan mulai dari pedagang, penjual, pelayan, sampai salesman mesti memperhatikan benar kedua elemen tersebut. Untuk kualitas pelayanan terdapat beberapa definisi menurut para ahli yang memiliki kesamaan, diantaranya:

  • kualitas adalah usaha guna memenuhi keinginan pelanggan
  • kualitas adalah kondisi mutu yang bisa jadi mengalami perubahan setiap waktu
  • kualitas meliputi proses, produk, jasa, barang, SDM, dan juga lingkungan
  • kualitas adalah kondisi dinamis yang berkaitan dengan produk, SMD, proses,     jasa, barang, dan lingkungan di atas harapan

Bila dilihat dari segi perbaikan kualitas, pelanggan adalah mereka yang senantiasa menutut pemberian jasa guna memenuhi standar kualtias pelayanan tertentu. Sehingga bisa memberikan pengaruh pada kinerja perusahaan selaku penyedia layanan. Dengan kata lain produk bergantung pada pelanggan dan tidak sebaliknya.

Adapun secara garis besar terdapat 3 kategori pelanggan, yaitu:

Internal

Pelanggan internal adalah pelanggan yang berada dalam perusahaan dan mempunyai pengaruh kuat pada perkembangan perusahaan. Lebih lanjutnya ada 2 jenis pelanggan internal, pelanggan internal pemerintah dan organisasi.

Perantara

Pelanggan perantara adalah mereka yang menjadi perantara produk dan bukan pengguna. Misalnya para agen atau toko yang membantu memasarkan produk yang diproduksi perusahaan.

Ekternal

Pelanggan eksternal adalah mereka yang menggunakan produk baik barang atau jasa yang diproduksi perusahaan. Pelanggan eksternal inipun dikenal sebagai pelanggan akhir atau pelanggan nyata,

Keberadaan pelanggan jelas tidak bisa dikesampingkan. Dengan adanya pelanggan setia, maka suatu perusahaan bisa berkembang dan tetap eksis. Namun, tentu pelanggan tidak akan bertahan bila tidak disertai dengan pelayanan yang baik. Inilah mengapa salah satu inti pelayanan prima adalah memberi kepuasan kepada para pelanggan.

Comments

comments

One response on “Pelayanan Prima Adalah

  1. […] Sampoerna, Carefour, Alfamart hingga Takaful, Axa dan masih banyak lagi yang lainnya. Mendapatkan cara memasarkan produk yang paling efektif dan efisien akan meningkatkan penjualan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>