Pelayanan Konsumen
19 December 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 573
Comments: 0

Pelayanan Konsumen

Seiring meningkatkanya kesadaran konsumen akan pelayanan yang maksimal, maka perusahaan maupun organisasi dituntut aktif dalam memberikan pelayanan yang prima. Artinya perusahaan tak hanya mengharapkan sesuatu dari konsumen namun juga bisa memberikan timbal balik berupa pelayanan terbaik.

Pelayanan terbaik merupakan harapan konsumen. indikasinya adalah jika konsumen merasa puas akan layanan yang diberikan maka harapannya konsumen tersebut terpenuhi. Sebaliknya jika konsumen kecewa dan mengeluh maka harapan tak tercapai. Perusahaan dengan demikian punya tanggung jawab untuk memberikan pelayanan konsumen dengan cara terbaik.

Pelayanan Konsumen

Pelayanan Konsumen

Meningkatkan Pelayanan Konsumen

Agar konsumen marasa terlayani dengan baik menyediakan produk yang berkualitas saja belum cukup. Perlu adanya aspek lain yaitu bentuk pelayanan itu sendiri. Konsumen yang dilayani dengan baik akan merasa harapan dan kebutuhannya terpenuhi oleh perusahaan.

Nah, perusahaan dapat meningkatkan pelayanan konsumen melalui berbagai cara. Berikut akan disajikan beberapa tips bagaimana cara perusahaan meningkatkan kinerjanya dalam memberikan pelayanan terbaik pada konsumen.

  1. Menumbuhkan dan meningkatkan rasa tanggung jawab. Sekecil apa pun kebutuhan dan keluhan dari konsumen hendaknya selalu direspon dan ditanggapi. Karena itu jangan abaikan tanggung jawab meski terlihat sepele berkaitan pelayanan pada konsumen.

  2. Memiliki kemampuan menghadapi konsumen. Inilah salah satu hal yang perlu dimiliki perusahaan melalui karyawan atau petugas (costumer service). Pihak costumer serviceharus mampu menanggapi dan memberikan solusi atas kesulitan yang dihadapi konsumen.

  3. Selalu bersikap ramah pada konsumen. Ini adalah bagian dari pelayanan konsumen yang harus dimiliki individu-individu dalam perusahaan. Meski konsumen terlihat marah, tetap berikan pelayanan yang ramah, karena itu merupakan wujud pelayanan pada konsumen.

  4. Berikan pelayanan yang cepat dan tanggap. Konsumen sangat mengharapkan hal demikian ketika berurusan dengan perusahaan. Cepat adalah harapan konsumen.

  5. Pelayanan yang profesional. Konsumen memiliki karakter yang beragam, karena itu perusahaan dan costumer service dituntut bersikap profesional tanpa membedakan konsumen.

Pelayanan Konsumen; Memenangkan Persaingan

Memberikan pelayanan konsumen meman tak bisa dilakukan ala kadarnya. Pelayanan yang baik, unggul, dan profesional merupakan tuntunan sekaligus kewajiban perusahaan terhadap konsumennya.

Salah satu cara memenangkan persaingan dalam bisnis adalah dalam hal pelayanan. Jika pelayannnya baik bahkan cemerlang maka konsumen akan mudah datang dan menjadi pelanggan setia perusahaan.

Sebaliknya jika pelayanan konsumen kurang maksimal maka konsumen akan direbut perusahaan lain. Dampaknya bisa terjadi pada penurunan keuntungan dan memudarnya reputasi perusahaan itu sendiri di mata konsumen maupun mitranya.

Nah, bagi perusahaan yang ingin memenangkan persaingan dan merebut konsumen dengan hati dan dedikasi kegiatan pelatihan yang bertujuan meningkatkan kinerja pelayanan konsumen bisa diberikan pada karyawan. Pelatihan semacam itu disebut dengan istilah populer yaitu training service excellence.

Training ini berupaya meningkatkan kemampaun, sikap mental, dan profesionalitas karyawan perusahaan dalam memberikan pelayanan terbaik pada konsumen (excelent service).

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>