Pelayanan Adalah
31 October 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 648
Comments: 1

Pelayanan Adalah

pelayanan adalah aktivitas yang kerap kita jumpai di sekitar. Contohnya adalah layanan ketika sedang berbelanja di toko, layanan transaksi online, customer service kartu SIM, layanan resepsionis hotel, dan sebagainya. Setiap jenis layanan dikelola oleh lembaga atau perusahaan dengan peran dan tanggung jawabnya masing-masing. Orientasinya pun berdasarkan pada visi dan misi terkait.

pelayanan adalah

pelayanan adalah

Pelayanan di Era Modern

Layanan di era modern dimaksudkan sebagai praktik perwujudan yang berkesinambungan pada teknologi terbaru. Lebih terperinci lagi ialah teknologi informasi dengan segala perubahan dan artikulasinya di tengah masyarakat. Kebutuhannya pun selalu bertambah dan kadang-kadang begitu mendesak sehingga harus dikembangkan secara eksplisit dan realistis.

Praktik Pengembangan

Kita mengambil contohnya pada praktik pengembangan pelayanan oleh customer service (CS). Dalam era digital, praktiknya selalu berhubungan pada optimalisasi sarana yang mendukung. Namun kecanggihan teknologi pun tak akan berfungsi secara maksimal jika tidak dioperasikan oleh SDM yang tepat. Kapasitasnya harus selalu menyesuaikan diri pada posisi yang ditempati.

Di saat bersamaan, perwujudan konsepnya akan lebih sederhana, namun taktis dan cermat mengikuti arah gerak laju dari visi dan misi perusahaan. Layanan di era digital sekarang ini menuntut kecepatan dan ketepatan waktu, yang dibarengi oleh kemampuan mengaplikasikan teknik terbaik. Urusannya pun bukan melulu pada kecanggihan alat-alat yang digunakan.

Program Pelatihan

Oleh sebab itu, program pelatihan excellent service menjawab segala tantangan tersebut. Dimulai dari proses evaluasi menyeluruh dalam instansi/perusahaan terkait. Sejauh mana target-target selama ini dicapai, lalu apa saja kekurangan dan keunggulannya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut tidak akan bisa dilakukan secara mudah.

Nah, program pelatihan yang bertujuan mewujudkan konsep excellent service didasarkan pada aturan-aturan teknis yang sebetulnya sangat sederhana. Misalnya dari tata cara berpakaian, gaya bicara, intonasi, gesture, serta rincian-rincian yang selama ini kerap terabaikan dalam praktik pelayanan publik. Idealnya, setiap elemen mampu membangun reputasi positif.

Sejumlah program pelatihan pun telah membuktikan rangkaian kesuksesan, terutama pada perusahaan-perusahaan besar. Mereka senantiasa mengembangkan kapasitas mereka sebagai pihak yang tak mau tergerus oleh kemajuan jaman. Jawabannya terletak pada kemauan dan kemampuan setiap pihak yang berperan di dalamnya.

Program pelatihan excellent service juga akan semakin menyenangkan jika setiap peserta mampu membangun interaksi yang dinamis dan positif. Tidak semata-mata ikut sebagai bagian dari formalitas, melainkan turut aktif mencapai target-target yang diharapkan.

Misalnya masih ada kendala yang menghambat kesuksesan target, setiap pihak di dalamnya akan saling bekerjasama demi menciptakan hasil yang lebih baik. Toh, waktu program pelatihan pun sangat fleksibel alias bisa disesuaikan pada kebutuhan dan ketersediaan fasilitas. Dengan demikian, setiap peserta tak perlu direpotkan oleh berbagai urusan yang merumitkan dan kontra produktif.

Comments

comments

One response on “Pelayanan Adalah

  1. […] publik akan menjadi kunci kesuksesan pemerintah dalam meningkatkan berbagai sektor yang dikelola. Layanan publik yang optimal merupakan kebutuhan sangat mendesak dan tak mungkin bisa ditawar-tawar. Nantinya, […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>