Pelatihan Trainer of Trainer
15 April 2015
Category:
Blog
Training Views: 916
Comments: 0

Pelatihan Trainer of Trainer

Pelatihan Training for Trainer

Pentingnya Pelatihan Trainer of Trainer

Training of trainer adalah materi atau pelatihan yang akan melatih para pelatih, atau pelatihan yang ditujukan bagi seseorang yang setelah selesai menjalani proses pelatihan ini mampu menjadi pelatih dan mampu mengajarkan materi yang disampaikan pada orang lain dengan baik.

Training of trainer atau training dan pelatihan adalah sarana untuk melatih seseorang agar mampu menyusun materi yang akan disampaikan dan dapat menyampikan materi yang akan disampaikan dengan baik. Terdapat 3 macam tahapan untuk menjalankan proses Training of trainer ini, yaitu ;

  1. Pelatihan keterampilan untuk melatih

Pelatihan keterampilan untuk melatih atau disebut dengan training delivery adalah pelatihan yang ditujukan agar para pelatih kelak dapat memberikan pelatihan bagi mereka yang akan ditraining.

  1. Pelatihan untuk menyusun langkah atau tahapan melatih

Pelatihan untuk menyusun langkah atau tahapan melatih atau dalam bahasa inggrisnya session design. Program pelatihan ini adalah program untuk melatih para pelatih agar dapat menyusun rangkaian materi yang akan disampaikan para mereka yang akan dilatih. Kemampuan seperti ini tentu saja harus dimiliki oleh para trainer. Ada beberapa hal yang yang perlu dimiliki oleh para pelatih, seperti ;

  • Mengidentifikasi kebutuhan materi training

Seorang pelatih akan mampu mengindentifikasi siapa yang akan ditraining, dan mengetahui kebutuhan dari mereka yang akan ditraining.

  • Mampu merumuskan tujuan training

Para pelatih akan mempu merumuskan maksud dan tujuan mengapa mereka harus ditraining.

  • Mampu menyusun silabus

Para pelatih akan mampu menyusun materi dan juga bahan apa saja yang diperlukan untuk mereka yang akan ditraining.

  • Mampu memberikan cara penyampaian materi training yang baik

Tentunya ini adalah sebuah keharusan, dimana para pelatih mampu memberikan pelatihan yang baik, dan mampu menyampaikan materi yang diberikan secara baik.

  • Dapat membuat metode evaluasi yang baik.

Setelah memberikan materi bagi para trainer, selanjutnya para pelatih harus mampu membuat evaluasi tentang materi yang telah disampaikan dan kesimpulan yang telah dicapai.

  1. Pelatihan keterampilan untuk mendesain kurikulum pelatihan  

Pelatihan ketrampilan untuk mendesain kurikulum pelatihan atau dalam bahasan inggrisnya curriculum design.  Disini para pelatih akan diberikan kemampuan untuk dapat membaut sebuah materi yang baik yang perlu disampaikan pada para training. Materi seperti ini disebut dengan silabus training. Pada dasarnya silabus tidak sama dengan materi, berikut adalah cara untuk membuat sebuah silabus ;

  • Tentukan ability yang ingin dicapai

  • Indikator apa yang menandakan ability sudah tercapai ?

  • Apa yang diperlukan agar seseorang dapat menguasai ability ?

  • Susunlah materi tersebut secara sistematis

Dengan tersusunnya semua materi dengan baik, tentunya para pelatih akan mampu menyampaikan materi dengan baik, dan para trainer akan mampu menyerap materi yang disampaikan.

Training of trainer ini perlu dilakukan, karena seseorang harus menjadi seorang pelatih atau pemberi materi yang baik, dengan begitu mereka akan mampu memberikan informasi dengan baik.


Klik Request for Proposal untuk mendapatkan penawaran menarik dari Faztrack Indonesia

Request for Proposal

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>