Pelatihan Sales
17 October 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 580
Comments: 0

Pelatihan Sales

pelatihan sales merupakan bagian dari peningkatan mutu SDM dalam sebuah perusahaan. Berbasis pada konsep service excellence yang kelak mampu dipraktikkan secara maksimal oleh individu terkait. Dalam program pelatihan ini, ada serangkaian poin penting yang masing-masing bertujuan mengasah kemampuan dalam menghadapi pasar, dan terangkum dalam etos kerja bisnis modern.

pelatihan sales

pelatihan sales

Pelatihan Sales Marketing

Program pelatihan sales terdiri dari sejumlah pilihan yang disesuaikan terlebih dahulu pada kapasitas atau potensi individu. Setiap orang pasti memiliki kemampuan yang bisa didistribusikan kepada perusahaan melalui praktik yang dijalankan. Berdasarkan prinsip itulah, ada sejumlah pokok penting dalam program pelatihan sales marketing seperti di bawah ini:

Advanced Negotiation Strategy

Bagian ini membutuhkan keahlian individu untuk mengembangkan kemampuan bernegosiasi dengan calon konsumen/pasar. Artinya, dibutuhkan kemampuan berkomunikasi yang praktis dan efisien sehingga praktik promosi/penjualan bisa mencapai target yang diinginkan. Praktiknya pun akan disesuaikan berdasarkan kemampuan sales dalam menghadapi berbagai situasi di pasar.

Customer Focus Selling Skills

Latihan ini menekankan pada kemampuan untuk meningkatkan penjualan melalui proses-proses yang akan ditempuh. Kemajuan teknologi informasi berimbas pada praktik pencapaian target bisnis yang semakin taktis dan bergerak dinamis. Oleh karena itu, setiap pihak penjual wajib mengembangkan kapasitasnya dalam konteks masyarakat yang dihadapi.

Digital Marketing Strategy

Hubungannya dengan pokok sebelumnya, yaitu memanfaatkan sarana teknologi informasi yang relevan bagi tujuan perusahaan. Melalui optimalisasi sarana dan fasilitas teknologi, maka praktik promosi dan penjualan diharapkan akan berlangsung secara lebih cepat dan tepat sasaran.

Tidak ada kata terlambat untuk mulai belajar dan mempraktikkan gagasan-gagasan digital marketing. Bahkan, metode ini akan sangat bermanfaat untuk jangka panjang pengelolaan bisnis perusahaan. Selalu menyesuaikan dan mengadaptasikan pada konteks yang berlangsung, sekaligus mencapai target-target rasional.

Product & Brand Image

Seorang sales diharapkan mampu membangun brand positif di tengah masyarakat. Namun itu saja tak akan cukup karena perusahaan membutuhkan hasil penjualan produk yang maksimal. Konsekuensinya ialah dengan menerapkan strategi promosi yang betul-betul unik dan mengena di hati masyarakat. Kelihatannya sangat sulit jika mengamati berbagai teknik promosi dewasa ini.

Namun dengan menyerap inspirasi dan mengembangkan ide-ide kreatif, niscaya praktik membangun brand yang lebih dikenal akan mudah dilakukan. Inspirasinya pun bisa berasal dari mana saja, tergantung pada bagaimana perusahaan dan pihak sales menyikapinya secara tepat. Oleh karena itu, program-program pelatihan akan membantu mengasah kemampuan tersebut.

Persuasive Marketing

Seorang sales juga tak hanya menawarkan produk lalu meninggalkan begitu saja jika seorang konsumen tidak tertarik. Dengan kata lain, seorang sales seharusnya menjadi pihak yang sangat gigih dan mampu menawarkan produknya dengan cara-cara unik. Ada banyak cara untuk mempelajari itu dan bahkan bisa disesuaikan pada karakter personal yang khas.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>