Pelatihan Pelayanan Pelanggan
26 June 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 847
Comments: 0

Pelatihan Pelayanan Pelanggan

Pelatihan pelayanan pelanggan. Memberikan pelayanan yang memuaskan bagi klien dan konsumen merupakan hal yang tak boleh dikesampingkan. Klien dan konsumen membutuhkan layanan terbaik dari intitusi atau perusahaan pemberi layanan. Pelayanan terbaik adalah hak setiap klien dan konsumen. mereka wajib memperoleh itu.

Institusi dan perusahaan mesti menyadari hal demikian. Meski pelayanan terlihat sederhana, namun bila tak dibudayakan dan dicermati dengan baik maka pelayanan yang terbaik hanya akan menjadi peraturan tertulis tanpa tindakan nyata.

Institusi dan perusahaan yang ingin berkembang dan maju perlu memberikan perhatian ekstra pada aspek layanannya pada klien dan konsumen. Melakukan serangkaian kegiatan yang bertujuan meningkatkan kinerja dan layanan bagi institusi dan perusahaan penting dilakukan. Salah satunya melalui pelatihan pelayanan pelanggan.

Pelatihan Pelayanan Pelanggan

Pelatihan Pelayanan Pelanggan

Apa Itu Pelatihan Pelayanan Pelanggan?

Secara sederhana pelatihan pelayanan pelanggan merupakan upaya meningkatkan kemampuan dan kinerja sumber daya manusia (SDM) dalam suatu institusi dan perusahaan guna memberikan layanan terbaik (service excellence) pada klien dan konsumen. Tujuan pelatihan adalah meningkatkan kesadaran SDM dan membangun budaya kerja yang profesional.

Pelatihan ini memberikan berbagai manfaat bagi institusi dan perusahaan. Di antaranya adalah meningkatkan citra dan kepercayaan intitusi dan perusahaan itu sendiri di mata klien dan konsumennya. Selain itu institusi dan perusahaan juga mampu bersaing secara sehat dengan institusi lain dalam memberikan pelayanan unggul.

Dan yang lebih penting lagi dengan adanya pelatihan tersebut, institusi dan perusahaan akan mendapat keuntungan baik secara finansial maupun loyalitas klien dan konsumen. Nah, inilah urgensi dan manfaat terbesar dari pelayanan prima yang diperoleh dari kegiatan pelatihan pelayanan pelanggan dan peningkatan kemampuan layanan.

Aspek Penting Pelatihan Pelayanan Pelanggan

Dalam penyelenggaraan pelatihan pelayanan pelanggan, ada beberapa aspek yang diperhatikan dan berupaya ditumbuhkan yaitu kemampuan (ability), sikap (attitude), penampilan (appearance), perhatian (attention), tindakan (action), serta tanggung jawab (responsibility), termasuk kenyamanan, ketetatan, dan keramahan.

Aspek-aspek inilah yang ingin dibangun dalam diri segenap SDM institusi dan perusahaan melalui serangkaian training dan pelatihan pelayanan pelanggan tersebut. Aspek-aspek tersebut akan dipadukan antara teori dan praktek. Jadi pelatihan tak hanya soal teori semata, namun juga mencakup tindakan penerapannya.

Pelatihan juga menjadi ajang bagi para peserta untuk menyegarkan kembali kemampuan dan keterampilannya, wahana berbagi pengalaman dan ide, mencurahkan hal-hal yang terkait tugas dan kewajibannya, dan lain sebagainya.

Dalam kegiatan pelatihan, institusi dan perusahaan akan mendapatkan berbagai hal seperti bagaimana membangun budaya kompetitif, profesional, kerja sama, komunikasi yang baik, pemasaran, dan pelayanan yang unggul pada pelanggan. Dalam pelatihan, peserta juga akan dipandu oleh trainer ahli yang memahami apa yang dibutuhkan oleh peserta pelatihan.

Nah, Anda yang ingin menyelenggarakan pelatihan pelayanan pelanggan di institusi atau perusahaan, dapat menghubungi 08170844840atau 08197594525.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>