Pelatihan dan Pengembangan SDM
18 October 2015
Category:
Blog
Service Excellence Views: 719
Comments: 0

Pelatihan dan Pengembangan SDM

pelatihan dan pengembangan sdm terdiri dari poin-poin penting yang wajib dipahami dan diterapkan sesuai kemampuan masing-masing karyawan. Jika masing-masing karyawan mampu mengembangkan potensi dan kapasitas mereka di posisinya, target-target perusahaan pun akan bisa tercapai. Poin-poin tersebut bisa dipelajari dan dipahami berdasarkan kemampuan praktik.

pelatihan dan pengembangan sdm

pelatihan dan pengembangan sdm

Target Utama Perusahaan

Setiap perusahaan pasti punya targetnya masing-masing yang berada dalam kerangka profit. Tujuan tersebut dijadikan target utama yang selalu dipengaruhi oleh kemampuan karyawan dalam sistem kerja perusahaan. Nah, poin-poin yang dimaksudkan tadi ialah sebagai berikut:

Loyalitas

Demi tercapainya sistem kerja perusahaan yang efisien dan efektif, maka dibutuhkan kemampuan karyawan yang betul-betul berkontribusi dalam upaya tersebut. Namun untuk mencapainya, perusahaan seharusnya bisa mengikat para karyawannya supaya lebih intens dalam mempraktikkan skema yang telah direncanakan. Aspek loyalitas adalah indikator penting bagi sebuah perusahaan.

Kesetiaan karyawan pada perusahaannya memang akan sulit diukur jika tidak melakukan pemantauan secara serius. Namun caranya sebetulnya cukup mudah, yaitu dengan selalu memberikan penghargaan atas upaya sekecil apa pun dari para karyawan. Artinya, mereka akan senantiasa termovitasi untuk terus memberikan yang terbaik bagi perusahaan.

Aktualisasi Diri

Konsep aktualisasi diri harus menjadi bagian penting dari pengembangan SDM karyawan. Hal ini memang cukup sulit dilakukan jika sebuah perusahaan tidak memfasilitasi dengan sarana dan prasarana ideal. Padahal, jaman terus berubah sementara kebutuhan perusahaan dalam praktik bisnis selalu meningkat.

Cara mengaktualisasikan diri pada setiap karyawan bisa disesuaikan pada minat dan kemampuan mereka, khususnya dalam skema bisnis yang dijalankan. Jika kualitas masing-masing individu bisa ditingkatkan, tak akan sulit untuk mencapai tujuan perusahaan dalam skema bisnis yang sedang dijalankan.

Peningkatan Target

Target akan selalu berubah sesuai dengan hasil-hasil yang telah dicapai sebelumnya. Perusahaan yang sudah mencanangkan konsep besar untuk meraih profit akan menjabarkannya dalam porsi masing-masing ke setiap karyawan. Mereka punya tanggung jawab tersendiri yang harus bisa diselesaikan dalam waktu yang sudah ditentukan.

Peningkatan target akan berpengaruh positif bagi penciptaan atmosfir kerja yang dinamis. Perusahaan pun tak akan kesulitan dalam membangun kerangka kerja yang lebih efektif. Tanpa harus memboroskan banyak anggaran demi memacu kinerja karyawan yang diharapkan, proses peningkatan target akan dibarengi oleh mutu masing-masing individu.

Evaluasi

Selalu memantau dan mencatat perkembangan yang terjadi dalam sebuah perusahaan, khususnya pada masing-masing karyawan. Evaluasi kinerja dan kapasitas individu selalu berperan besar dalam membangun kerangka kerja yang lebih maju dan dinamis. Jika ada beberapa kekurangan atau kelemahan, maka harus segera dicari akar penyebab dan solusinya.

Nah, demikianlah beberapa poin penting dalam upaya membangun SDM yang berkualitas dalam sebuah perusahaan. Masing-masing harus dijadikan pedoman dalam mencapai tujuan yang diharapkan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>